Dunia Literasi Indonesia Berbenah

Dunia Literasi Indonesia Berbenah
info gambar utama

Berkembangnya minat baca masyarakat Indonesia terhadap buku-buku yang berbau Sosial Budaya, Literasi maupun Filsafat berdampak baik di sektor variasinya. Karena semakin banyak buku ber-genre ini yang tersedia bahkan di toko buku lokal yang sebelumnya hanya bisa dibeli di toko buku Internasional.

Bagi mereka yang menggemari buku-buku sejenis ini, berita ini datang bagaikan udara penyegar yang bisa membebaskan mereka dari belenggu, susahnya mencari buku-buku jenis tersebut dipasaran. Karena sebelumnya, jika kita ingin membaca karya penulis kenamaan Jean-Paul Sartre( tokoh filsuf besar dari negara Perancis) kita diharuskan membelinya secara online di toko buku International yang menyediakan service pengiriman overseas, berhubung dengan ketidaktersediaannya di toko buku lokal.

Selain mencari buku-buku tipe ini yang dikatagorikan susah, biaya shipping-nya pun tergolong mahal dan bilamana buku yang anda inginkan sudah berhasil dipesan, menghilangnya buku tersebut dalam proses pengiriman akan menjadi suatu masalah dikemudian hari. Pasalnya kasus menghilangnya buku pesanan dalam proses pengiriman sudah sering terjadi, dan ini bukanlah suatu hal yang tak lazim lagi dirasakan oleh para pembeli buku antar benua.

Beruntungnya kehawatiran seperti itu sudah tidak perlu dirasakan lagi, mengingat sebagian besar buku-buku karya penulis besar sudah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia dan telah dicetak di rumah publikasi lokal;

Salah gambar contoh sebuah lorong Filsafat berdiri berdampingan dengan buku-buku lainya

Difoto diatas dapat dilihat, sebuah lorong yang dikhususkan untuk buku-buku Filsafat. Jenis buku yang sebelumnya sangat susah untuk ditemukan, sekarang memiliki rak khusus yang didedikasikan untuknya. Suatu hal yang sederhana sebenarnya, tapi ini membuktikan bahwa masyarakat kita yang dulu terkesan enggan bersinggungan dengan apa yang disebut Filsafat kini sedikit banyaknya mulai menerima kehadirannya;


Meskipun ini bukan termasuk perubahan yang dapat dikategorikan signifikan, perubahan ini tetaplah krusial dan bersifat gradual, dalam artian perubahan ini memperlihatkan wajah dunia literasi Indonesia yang ingin berbenah - berubah untuk menjadi lebih baik kedepannya. Sebuah perubahan yang ditunggu dan diharapkan bisa mewarnai ragam koleksi toko buku kita yang dulunya cenderung hanya itu-itu saja, dengan variasi yang semakin beraneka ragam dan lengkap diberbagai sektor genre.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini