Anomali satelit komunikasi milik Telkom Indonesia, Telkom 1 pada beberapa waktu lalu mengakibatkan terganggunya puluhan ribu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) beberapa bank nasional di Indonesia. Hal tersebut kemudian sempat membuat kebingungan para nasabah untuk bertransaksi. Namun berkat kesigapan Telkom, pemulihan konektifitas layanan pada ATM telah sepenuhnya berhasil.

Seperti diberitakan CNN Indonesia, Senin (11/09) Direktur Utama Telkom Indonesia, Alex J. Sinaga mengumumkan bahwa seluruh layanan ATM bank milik negara seperti Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Tabungan Negara (BTN) telah normal kembali. Pemulihan tersebut sudah terjadi sejak tanggal 7 September yang lalu. 

Sementara itu, Bank Centra Asia (BCA) yang paling terdampak akibat anomali satelit Telkom 1 masih perlu memperpanjang tahapan teknis seperti pengisian uang di ATM terdampak. Namun sistem konekfitas ATM telah pulih seluruhnya. 

Alex menjamin, pada hari ini proses pemulihan layanan ATM perbankan yang menggunakan satelit yang diluncurkan pada tahun 1999 itu akan kembali normal. 

Seperti diketahui, anomali satelit Telkom 1 terjadi pada 25 Agustus pukul 16.51. Akibatnya hampir seluruh layanan seperti perbankan, penyiaran dan lainnya yang menggunakan satelit tersebut terganggu. Telkom Indonesia kemudian memprioritaskan pelayanan perbankan dan penyiaran dalam upaya perbaikan baru kemudian pemulihan layanan untuk industri-industri lain.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu