Jenis Anggrek Idaman Dunia Ini Indonesia Punya

Jenis Anggrek Idaman Dunia Ini Indonesia Punya
info gambar utama

Alam Indonesia memiliki kekayaan yang unik dan beragam dibanding yang ada di negara lain. Hutan di Indonesia termasuk pemilik keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. Berdasarkan data FAO tahun 2010 saja tentang hutan dunia-termasuk di dalamnya hutan Indonesia-secara total menyimpan 289 gigaton karbon dan memegang peranan penting menjaga kestabilan iklim dunia.

Luas dan didukung oleh keanekaragaman hayati menjadikan Indonesia banyak memiliki jenis tumbuhan yang hanya dimiliki oleh Ibu pertiwi. Tanaman Bunga, banyak sekali jenis bunga yang berasal dari hutan Indonesia salah satunya Bunga Anggrek. Jenis bunga Anggreng di dunia ini ada ribuan dan berkisar 5000-6000 jenis ada di tanah Nusantara. Artinya satu per enam dari keseluruhan jenis bunga Anggrek ada di Indonesia. Bunga Anggrek termasuk tanaman yang dilindungi dengan peraturan pemerintah no. 7 tahun 1999 tentang pengawetan tumbuhan dan satwa.

Berikut jenis bunga Anggrek yang sangat mempesona dan populer di dunia karena kecantikannya:

Bunga anggrek larat
info gambar

Bunga Anggrek Larat

Jenis anggrek ini memiliki variasi warna ungu, putih dan kombinasi dari putih dan ungu muda. Anggrek putih atau cooktown orchid memiliki nama ilmiah Dendrobium bigibbum. Jenis Anggrek ini masuk dalam daftar bunga Anggrek yang dilindungi dalam peraturan pemerintah. Bunga Anggrek jenis ini juga menjadi identitas negara khusunya di daerah maluku.

pesona anggrek callus vanda
info gambar

Bunga Anggrek Callus Vanda

Bunga Anggrek jenis ini sangat terkenal dengan keindahan dan kecantikan kelopak bunganya. Pemilik nama ilmiah Vanda limbata memiliki banyak variasi warna dan bentuk yang beragam. Para ilmuan mengklasifikasikan menjadi 40 spesies yang tersebar di beberapa negara, termasuk indonesia.

oranye menyala khas anggrek kebutan
info gambar

Bunga Anggrek Kebutan

Anggrek berwarna oranye yang mencolok ini sungguh memikat hati pecinta tanaman hias. Jenis bunga anggrek yang memiliki nama ilmiah Ascocentrum miniatum ini juga masuk dalam daftar yang dilindungi oleh negara karena kelangkaannya. Anggrek kebutan bisa ditemukan di hutan jawa.

Anggrek Hartinah
info gambar

Bunga Anggrek Hartinah

Nama yang unik dan khas dengan nama Indonesia menjadikan Anggrek jenis ini memiliki pesona tersendiri. Ya, nama bunga Anggrek ini sengaja diambil dari nama istri presiden kedua Republik Indonesia. Hartinah memiliki nama ilmiah Cymbidium hartinahianum. Bunga Angrek dengan nama unik ini merupakan tanaman endemik yang hanya tumbuh di Indonesia tepatnya di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Anggrek Bulan
info gambar

Bunga Anggrek Bulan

Pemilik nama latin Phalaenopsi amabilis ini merupakan jenis bunga anggrek khas Indonesia. Dunia internasional lebih mengenal Anggrek bulan dengan sebutan Moon Orchid. Di Indonesia, anggrek bulan pertma kali ditemukan di Maluku. Bunga ini memiliki ciri khas kelopak kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih.

Anggrek Jamrud
info gambar

Bunga Anggrek Jambrud

Anggrek Jambrud merupakan jenis anggrek yang sangat unik. Jambrud memiliki nama ilmiah Dendrobium macrophyllum. Bunganya terlihat seperti buah rambutan dengan adanya bulu-bulu di bagian luar namun masih terlihat kelompak yang indah di bagian dalamnya.

dikutip dari beberapa sumber

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini