Di Tahun Ini, Jumlah Wisatawan Korea ke Indonesia Melonjak Hingga 45 Persen

Di Tahun Ini, Jumlah Wisatawan Korea ke Indonesia Melonjak Hingga 45 Persen
info gambar utama

Keindahan wisata di Indonesia memang patut untuk dibanggakan, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia untuk berwisata. Wisatawan Korea salah satunya, dari data yang dirilis Korea Tourism Organization (KTO) menunjukkan jumlah wisatawan Korea Selatan yang bepergian ke luar negeri pada Juli 2017 berada pada angka 2.384.447 atau naik sebesar 14,5% dari tahun lalu. Dari angka tersebut jumlah wisatawan yang ke Indonesia meningkat hingga 45,2% dibandingkan tahun lalu.

Salah satu faktor yang diperkirakan menjadi pendorong meningkatnya jumlah wisatawan Korea Selatan ke Indonesia adalah kepopuleran acara Youn's Kitchen yang ditayangkan oleh stasiun televisi TvN yang tayang pada Maret-Mei 2017.

Berawal dari datangnya seorang penulis dan produser dari TvN ke KBRI Seoul pada awal 2017 untuk menginfokan perihal rencana syuting di Indonesia dan meminta rekomendasi tempat syuting. Pejabat Fungsi Pensosbud Diplik yang pada saat itu menemui kedua orang dari TvN kemudian merekomendasikan Lombok sebagai tempat syuting.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada KBRI Seoul atas rekomendasi yang diberikan," ujar Lee Jinju, salah satu produser Youn's Kitchen pada acara konferensi pers penayangan Youn's Kitchen.

Benar saja, tayangan tersebut mendapat sambutan yang heboh dari masyarakat negeri ginseng. Kemasan dan pengambilan gambar yang menarik membuat Lombok tampak seronok dan menggoda masyarakat Korea Selatan untuk singgah.

Sambutan yang positif dari masyarakat Korea itu lansung dimanfaatkan oleh Korean Air, tak tanggung-tanggung pihaknya berani membuka charter flight Incheon-Lombok selama 5 gelombang. Tiga penerbangan yang telah berangkat diantaranya penerbangan tanggal 29 Juli, 2 Agustus dan 6 Agustus. Dua flight lainnya akan terbang pada 1 Oktober dan 5 Oktober mendatang.

Hal tersebut seperti menjadi kabar baik bagi masyarakat Korea Selatan, pasalnya pada sales record 3 penerbangan pertama mencapai rata-rata 94%. Dan penjualan tiket penerbangan pada 2 Agustus bahkan mencapai 100%.

Tak hanya Youn's Kitchen, beberapa acara televisi populer lain juga mengambil lokasi syuting di Indonesia pada tahun 2017 diantaranya adalah Law of the Jungle edisi Sumatra dan Pulau Komodo (SBS), Battle Trip di Bali (KBS), dan Running Man di Yogyakarta (SBS). Program Running Man saat ini sedang menunggu jadwal tayang.

Menurut M. Aji Surya, Koordinator Fungsi Pensosbud Diplik KBRI Seoul, penayangan reality show yang berlokasi di Indonesia merupakan cara promosi pariwisata yang cukup efektif untuk menggaet turis Korea Selatan untuk bertandang ke Indonesia.

"Melalui acara-acara televisi tersebut masyarakat negeri kimchi ternganga melihat keindahan dan keunikan Indonesia yang tidak bisa ditemukan di negara lain. Pesonanya membuat mereka berbondong-bondong berlibur ke Indonesia," kata Aji.


Sumber: Kemlu.go.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini