Mengintip Kisah Ibu Lewat Lukisan Yang Dipamerkan Di Hamburg

Mengintip Kisah Ibu Lewat Lukisan Yang Dipamerkan Di Hamburg
info gambar utama

Sebanyak 21 foto cerita jurnalistik yang berkisah tentang Ibu dipamerkan dalam Pameran Foto Mutter (Ibu) di ajang festival budaya Indonesia Pasar Hamburg 2017. Festival tersebut digelar di Hamburg Messehalle, Jerman pada 9-10 September 2017 lalu.

Pameran Foto Mutter menampilkan karya-karya dari 16 pewarta Divisi Pemberitaan Foto Kantor Berita Indonesia ANTARA, yakni Abriawan Abhe, Andika Wahyu, Andreas F Atmoko, Budi Candra Setya, Dedhez Anggara, Fanny Octavianus, Nyoman Budhiana, Irsan Mulyadi, Ismar Patrizki, M Adimaja, M Agung Rajasa, Rosa Panggabean, Saiful Bahri, Wahyu Putro Arinto, Yusuf Nugroho, dan Zabur Karuru.

Berbagai kisah mengenai Ibu di Indonesia sangat menarik minat para pengunjung Pasar Hamburg sejak pameran tersebut digelar. Gambar-gambar yang disajikan pada Pameran Foto Mutter tersebut merupakan cuplikan dari banyak kisah mengenai ibu-ibu di Indonesia.

Pengunjung mengamati foto yang dipamerkan dalam Pameran Foto Mutter | tempo
Pengunjung mengamati foto yang dipamerkan dalam Pameran Foto Mutter | tempo

Setiap bingkai yang dipamerkan disana berasal dari imaji serta hasil kreativitas pewarta seperti, cerita Perjuangan Ibu saat proses melahirkan karya Rosa Panggabean, kisah Bundo Kanduang dan Pesta Tradisi Ala Minangkabau karya Ismar Patrizki, serta cerita Tradisi Kebo-keboan karya Budi Candra Setya. Kisah Ibu lainnya yang ditampilkan dalam cerita Banda karya Fanny Octavianus, Kisah Perempuan Kanum-Marind karya Andika Wahyu, serta Pasar Mama-Mama Papua karya Wahyu Putro juga cukup banyak mengundang perhatian pengunjung.

“Masyarakat setempat sangat antusias. Ini kali kedua ANTARA berpartisipasi dalam ajang festival budaya Indonesia di Eropa, Pasar Hamburg,” kata Ismar Patrizki, salah satu dari pewarta ANTARA yang juga merupakan editor Pameran Foto Mutter pada ANTARA News, Sabtu (9/09).

Ismar Patrizki menjelaskan 21 foto kisah ibu tersebut dicetak di atas foamboard dengan ukuran 90x60 sentimeter. Masing-masing foto cerita dikemas dalam dua frame cetakan (kombo), kecuali untuk kisah Bundo Kanduang ditampilkan dalam 5 frame dan Suara dari Pegunungan Kendeng terdiri dari 4 frame.

Berbagai kisah mengenai Ibu di Indonesia memukau para pengunjung Pasar Hamburg | metrotvnews
info gambar

Tema Ibu yang di tampilkan dalam pameran tersebut menyesuaikan dengan tema besar Pasar Hamburg sendiri. Melalui Pameran Foto Mutter ini, diharapkan dapat menghadirkan sekelumit Indonesia kepada khalayak yang hadir pada pergelaran Pasar Hamburg 2017.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini