Pepustakaan Tertinggi di Dunia ada di Indonesia, Ini Fasilitas yang Ada !

Pepustakaan Tertinggi di Dunia ada di Indonesia, Ini Fasilitas yang Ada !

Perpustakaan Nasional © Wikiwand

Gedung Perpustakaan Nasional yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (14/09/2017) siang tadi. Gedung perpustakaan nasional yang dibangun sejak dua tahun empat bulan yang lalu dan memiliki 27 lantai itu disebut Jokowi sebagai gedung Perpustakaan tertinggi di Dunia.

"Dulu, ini hanya tiga lantai, enggak ada yang mau datang ke sini. Sekarang 27 lantai plus satu lantai basement. Jadi enggak kaget kalau gedung ini tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaan," ujar Presiden Jokowi saat meresmikan Gedung Perpustakaan Nasional.

Berdiri di atas lahan seluas 11.975 meter persegi dengan luas bangunan 50.917 meter persegi, gedung perpustakaan nasional ini dirancang dengan konsep green building dengan konsumsi energi 150 kwh/mm2 per tahun.

Gedung Perpustakaan tersebut memiliki tinggi 126,3 meter. Sedangkan perpustakaan di Shanghai, China, yang selama ini disebut tertinggi memiliki tinggi 106 meter.

Adapun, fasilitas yang ada di gedung ini, antara lain ruang layanan keanggotaan perpustakaan nasional dan ruang Teater yang ada di Lantai 2, ruang zona promosi budaya baca yang ada di lantai 3, data center di Lantai 6.

Perpustakaan Nasional juga menyediakan layanan untuk lansia, disabilitas dan anak-anak, layanan ini berda di Lantai 7. Layanan naskah nusantara hingga layanan koleksi buku langka dapat ditemukan di Perpustakaan ini. Terdapat pula Layanan Audivisual hingga layanan multimedia. Di lantai 24 terdapat Layanan Koleksi Budaya Nusantara, Executive Lounge dan Ruang Penerimaan Tamu Mancanegara


Sumber: Kompas

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Perjalanan Panjang Kuliner Kotagede Warisan Kerajaan Mataram Sebelummnya

Perjalanan Panjang Kuliner Kotagede Warisan Kerajaan Mataram

Penulis Perempuan Indonesia Yang Kuat Harus Belajar dari Penulis Perempuan Masa Lalu dan Sekarang Selanjutnya

Penulis Perempuan Indonesia Yang Kuat Harus Belajar dari Penulis Perempuan Masa Lalu dan Sekarang

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.