Pramuka Indonesia yang baru saja merayakan hari pramuka bulan Agustus lalu mendapatkan kabar gembira berkat keberhasilan Tim pendaki dari Kwarnas Gerakan Pramuka berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di puncak gunung Eiger di Swiss dan Grands Montets di Perancis. Puncak selanjutnya yang akan ditapaki adalah gunung Mont Blanc yang berada di perbatasan Prancis dan Italia. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Eropa Barat. 

Seperti rilis yang diterima GNFI, Ketua Umum Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia, Adhyaksa Dault mengungkapkan rasa syukur atas keberhasilan ini. "Alhamdulillah tim dari pramuka dan Vanaprastha telah berhasil mengibarkan bendera Metah Putih, spanduk Pancasila, Dasa Darma Pramuka dan BRI di sejumlah puncak gunung di Eropa," ucapnya. 

Ekspedisi ini merupakan bagian dari upaya mempromosikan Indonesia lewat puncak-puncak tertinggi di Eropa. Tim ekspedisi terdiri dari gabungan perwakilan pramukan dan pecinta alam Vanaprasta tersebut beranggotakan 18 orang termasuk Ketum Kwarnas sendiri. 

Selain untuk mempromosikan Indonesia, ekspedisi yang bertajuk “BRI – Gerakan Pramuka – Vanaprastha Untuk Merah Putih; Promosi Indonesia Pada Puncak-Puncak Dunia” itu juga ditujukan untuk melatih mental anak bangsa. Sebab seluruh anggota tim telah melakukan berbagai latihan fisik dan mental. 

"Tidak ada yang instan dalam pendakian seperti ini, meskipun pendaki sudar berpengalaman, latihan tidak boleh lupa. Kami rutin naik Gunung Gede Pangrango dan latihan fisik untuk meningkatkan level VO2Max. Kami juga mendaki gunung Fansipan, Vietnam dan Gunung Kinabalu, Malaysia sebagai sesi akhir latihan," jelas Adhyaksa. 

Sementara itu, Corporate Secretary Bank Bank Rakyat Indonesia, Hari Siaga Amijarso menjelaskan bahwa BRI sebagai pendukung utama ekspedisi tersebut melihat bahwa upaya tersebut merupakan kegiatan positif generasi muda Indonesia di tingkat internasional yang diharapkan mampu mengharumkan nama bangsa. 

Semangat dan perjuangan yang dilakukan oleh tim ekspedisi dianggap selasas dengan etos bank BRI yakni sebagai bank pionir yang berani menghadapi berbagai tantangan sehingga selalu ingin meraih puncak prestasi tertinggi. “Gerakan Pramuka erat kaitannya dengan pendidikan karakter. Oleh karena itu, Bank BRI menjalankan fungsi sebagai national capacity building, mendukung kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Kwranas Gerakan Pramuka,” ungkap Hari.

Ia juga berharap generasi muda yang ikut Gerakan Pramuka dapat terbentuk kepribadian dan watak yang bertakwa kepada Tuhan, tangguh, disiplin, berbudi luhur, dan berkepribadian sesuai nilai-nilai bangsa.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu