Eksotisme keindahan keragaman di Pucuk Desa Jrahi, Gunung Wungkal, Jawa Tengah

Eksotisme keindahan keragaman di Pucuk Desa Jrahi, Gunung Wungkal, Jawa Tengah
info gambar utama

Sumber: Studi PAR (Partisipatory Action Research) di Desa Jrahi, Gunung Wungkal, Jawa Tengah pada 27 April 2015 pukul 10.04 WIB

Desa Jrahi merupakan desa yang terletak di kecamatan Gunung Wungkal, Jawa Tengah. Hampir setiap hari masyarakat setempat berinteraksi dengan hutan dan mayoritas bekerja sebagai petani dan peternak hewan. Masyarakat desa Jrahi dikenal sebagai masyarakat yang ramah dan suka bergotong royong. Desa Jrahi memiliki banyak potensi diantaranya potensi pertanian yang terdiri dari pertanian padi, jagung dan ketela. Hasilnya dikelola sendiri untuk memenuhi kebutuhan harian. Potensi sumberdaya alamnya sangat beragam terdiri dari kopi, cengkeh, kakao, jati, jeruk pamelo, rambutan, kayu sengon dan gula aren. Keragaman toleransi beragama yang ada turut mewarnai keyakinan masyarakat setempat. Mulai dari Islam, Kristen, Buddha, dan Sapta Darma. Desa Jrahi juga memiliki bentang potensi wisata alam dan wisata religi sejarah yang bisa menjadi rujukan destinasi teman-teman yang ingin berkunjung kesana seperti bentang sawah, ladang kopi, embung, air terjun dan vihara yang cukup unik.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini