Sedang Jalani Pola Hidup Sehat? Jangan Lupa Masukkan Rawon dalam Daftar Makanan Harian!

Sedang Jalani Pola Hidup Sehat? Jangan Lupa Masukkan Rawon dalam Daftar Makanan Harian!
info gambar utama

Kepadatan aktivitas sering kali membuat kita mengabaikan konsumsi makanan sehat. Keterbatasan waktu membuat kita mengkonsumsi makanan apapun yang berada di sekitar kita tanpa mengetahui apakah makanan tersebut menyehatkan atau tidak. Kandungan lemak di dalam makanan pun turut diabaikan, padahal waktu untuk berolahraga tidak ada. Jika anda sedang mengalami situasi seperti ini, ada baiknya anda mulai menekuni pola hidup sehat. Menurut World Health Organization (WHO), pola hidup sehat adalah suatu keadaan dimana mental, fisik, dan kesejahteraan sosial terjaga dengan stabil, bukan hanya ketiadaan penyakit pada diri manusia saja. Kesehatan tubuh dan kesehatan mental merupakan perpaduan penopang kehidupan manusia yang berkualitas. Salah satu langkah untuk menerapkan pola hidup sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan kaya gizi, contohnya yaitu rawon.

Rawon merupakan makanan khas jawa timur yang memiliki ciri berkuah gelap. Warna gelap dari kuah rawon dihasilkan dari bumbu keluwek. Rawon berisi daging sapi, di beberapa daerah diimbuhi dengan labu siam. Kecambah dan telur asin digunakan sebagai pelengkap. Selama ini rawon tak banyak diketahui orang jika mengandung khasiat yang berguna bagi tubuh. Salah satunya sebagai antioksidan yang dapat menunda penuaan lho! Ini dia khasiat-khasiat rawon:

  1. Kaya protein

Selama proses kehamilan, berbagai proses terjadi di dalam perut ibu. Salah satu proses penting yaitu organogenesis. Organogenesis merupakan proses pembentukan organ-organ pada janin, seperti otak, tulang, organ pernafasan, dan sistem pembentukan tubuh. Rawon merupakan kudapan yang kaya akan protein. Sehingga dengan mengkonsumsi rawon akan membantu ibu hamil dan janinnya cukup nutrisi.

Protein juga dibutuhkan tubuh untuk metabolisme sel pada tubuh. Rawon dapat memelihara sel tubuh yang sehat dengan cara memproduksi dan meregenerasi sel-sel tubuh yang telah mati. Hal ini berguna pula dalam mempercepat proses penyembuhan luka.

  1. Kaya zat besi

Kandungan lain pada rawon yaitu zat besi. Zat besi berguna untuk mengatur kestabilan suhu tubuh. Zat besi juga bermanfaat untuk memperlancar suplai oksigen pada otot sehingga dapat meningkatkan fungsi otot. Enzim pada tubuh disusun oleh berbagai komponen yang didukung oleh zat besi.

  1. Mengandung selenium

Selenium merupakan senyawa yang baik bagi kesehatan seksual pada pria. Selenium dapat menjaga dan mengontrol produksi sperma. Selain itu, selenium juga dapat meningkatkan kualitas sperma dan meningkatkan gairah seksual.

  1. Mengandung antioksidan

Antioksidan memiliki khasiat yang banyak bagi tubuh. Antioksidan dihasilkan oleh banyak senyawa, seperti vitamin c dan zinc. Antioksidan dapat membuat kulit menjadi sehat karena antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya dan merusak kulit. Oleh karena itu, mengkonsumsi rawon dapat membuat kulit anda terlihat lebih muda.

Ternyata rawon tak hanya memiliki rasa yang lezat, rawon juga memiliki banyak khasiat dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Rawon dapat menjadi pilihan menu bagi andanyang sedang menjalankan pola hidup sehat.


Sumber: dihimpun dari berbagai sumber

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini