Indonesia Puncaki Daftar Perolehan Medali ASEAN Para Games 2017. Selamat!

Indonesia Puncaki Daftar Perolehan Medali ASEAN Para Games 2017. Selamat!
info gambar utama

ASEAN Para Games adalah ajang olahraga yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan pasca penyelenggaraan SEA Games. Pesta olah raga itu diselenggarakan untuk para atlet difabel.

ASEAN Para Games diikuti oleh sebelas negara yang ada di Asia Tenggara. Ajang ini diselenggarakan di Malaysia pada 17 September – 23 September dan dijadikan momen bagi para atlet untuk menyiapkan diri di ajang Paralimpiade.

Kendati tidak sepopuler SEA Games, namun berhasil memenangkan ASEAN Para Games tetap menarik untuk disaksikan. Pasalnya, gengsi meraih medali emas di ajang ASEAN Para Games ini sama dengan medali emas di SEA Games.

Menurut, Bayu Rahadian selaku Chef de Mission Kontingen Indonesia di ASEAN Para Games Indonesia memang punya peluang besar untuk mengunci predikat juara umum. Namun, Bayu tak ingin buru-buru mencoret peluang dari pesaing lain. Bayu berharap raihan Indonesia bertambah dan juga negara-negara lain agar sebaran medali emas merata.

Indonesia Pimpin Perolehan Medali Pada Klasemen ASEAN Para Games | Republika
info gambar

“Memang sampai saat ini saingan terdekat kita adalah tuan rumah Malaysia. Namun juara bertahan Thailand juga masih mempunyai harapan. Oleh itu kita berharap selain Indonesia terus panen emas juga pembagian emas lainnya merata ke negara-negara lainnya. Jadi perolehan kita tidak akan terkejar oleh negara lainnya,” ujar Bayu pada Bola.com.

Bayu berharap tidak adanya hal-hal non teknis seperti kecurangan dari tim tuan rumah yang berusaha menjegal Indonesia untuk menjadi juara umum. Bayu sudah berpesan keapda manajer dan pelatih agar melakukan segala cara untuk menjadi bukti kuat jika nantinya melakukan protes atas sesuatu yang janggal dalam pertandingan.

Para Atlet Cabor Renang Yang Menyumbangkan Emas Untuk Indonesia | sportourism.id
info gambar

“Saya sudah berpesan kepada para manajer dan pelatih agar merekam dan mencatat apa yang terjadi di pertandingan ASEAN Para Games sehingga bisa memiliki bukti untuk melakukan protes. Jangan sampai kita protes tanpa bukti sehingga tidak akan menghasilkan apa-apa,” tambah Bayu.

Hingga Kamis (21/9), Indonesia berada di puncak pertama pada perolehan medali ASEAN Para Games dengan raihan 89 emas, 51 perak, dan 35 perunggu. Jumlah tersebut mengungguli Malaysia sebagai pesaing terdekat dengan raihan 66 emas, 59 perak, dan 48 perunggu.

Hal tersebut menandakan bahwa Indonesia selangkah lagi akan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2017. Pada hari keempat, setidaknya ada 70 medali emas yang akan diperebutkan dan Indonesia harus meraih minimal 1/3 dari jumlah tersebut.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini