Menuju Indonesia 2030, Buku Petunjuk Elektronik mengenai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Menuju Indonesia 2030, Buku Petunjuk Elektronik mengenai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
info gambar utama

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang lebih dikenal sebagai Sustainable Development Goals (SDGs) masih belum terlalu populer di mata masyarakat Indonesia. Memperingati 2 tahun SDGs sejak peluncurannya pada 26 September 2015 di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations) di New York - Amerika Serikat dimana para pemimpin negara dari seluruh dunia mengadopsi SDGs sebagai paradigma besar bagi pembangunan nasionalnya, kini tiba saatnya untuk lebih menggaungkan SDGs kepada seluruh lapisan masyarakat di berbagai penjuru bumi tanpa terkecuali.

Indonesia adalah negara yang disegani oleh banyak negara di dunia saat ini karena potensi pembangunannya yang terbilang sangat besar dengan dukungan bonus demografi yang masif (usia median Indonesia: 28,6 tahun). Kepemudaan pun semakin menjadi salahsatu pilar terpenting dalam berbagai bidang pembangunan terutama dalam pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, sosial, kebudayaan, pariwisata, hingga ekonomi dan politik. Tentunya di abad ke-21 yang kental dengan nuansa persaingan ketat, sumber daya manusia Indonesia khususnya pemuda/i tanah air harus mempersiapkan kualitas dirinya secara lengkap mulai dari kearifan lokal, wawasan nusantara, hingga pengetahuan global. Salahsatunya adalah pengetahuan mengenai SDGs yang sangat penting sehingga mampu merangsang peningkatan daya saing para pemuda untuk mencapai standar dunia internasional sekaligus berpartisipasi langsung dalam pembangunan nasional.

Buku petunjuk elektronik (e-guidebook) mengenai SDGs yang berjudul "Menuju #Indonesia2030" ini dipublikasikan oleh Inspirator Muda Nusantara dalam rangka membantu terciptanya akselerasi pencapaian SDGs di Indonesia hingga tahun 2030 mendatang melalui pemberdayaan pemuda melalui koridor distribusi pengetahuan dan wawasan. SDGs ini wajib dikuasai oleh para pemuda/i Indonesia mengingat korelasinya erat dengan bonus demografi dan visi Indonesia Emas 2045 . Inilah koneksi yang nyata dan relevan antara dinamika nasional dan global. Inspirator Muda Nusantara berupaya menyadarkan pemuda/i akan hal tersebut agar pada akhirnya mereka sanggup berperan ganda baik sebagai warga negara maupun sebagai warga dunia. Dengan pengetahuan SDGs yang mapan, para pemuda/i didorong untuk menciptakan solusi-solusi berbasis lokal yang mengacu pada tujuan dan nilai-nilai global.

Secara lebih rinci, e-guidebook SDGs yang memuat lebih dari 40 halaman ini berisikan mulai dari asal muasal SDGs, konstektualisasi SDGs, perspektif anak muda tentang SDGs, hingga korelasi antara SDGs 2030 dengan Indonesia Emas 2045. E-guidebook SDGs ini dipublikasikan melalui platform Google Drive sehingga dapat diunduh (download) secara gratis dan bebas oleh masyarakat umum terutama para pemuda/i di berbagai pelosok nusantara dengan hanya bermodalkan koneksi internet. Selain itu, e-guidebook SDGs ini dikirimkan kepada kementerian-kementerian, lembaga negara, lembaga swadaya masyarakat (LSM), komunitas dan organisasi kepemudaan, korporasi, hingga organisasi internasional untuk menghimpun potensi-potensi pelibatan pemangku kepentingan (stakeholders) secara aktif dan positif sehingga mendorong berkembangnya kolaborasi dan fasilitasi antara pihak-pihak tersebut demi pencapaian akhir SDGs nasional Indonesia pada tahun 2030 mendatang.

Unduh e-guidebook SDGs "Menuju #Indonesia2030" disini

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini