Zumi Zola Satu-satunya Gubernur yang Diundang di Sidang Umum PBB, Mempresentasikan Apa?

Zumi Zola Satu-satunya Gubernur yang Diundang di Sidang Umum PBB, Mempresentasikan Apa?

Zumi Zola, Gubernur Jambi menjadi satu-satunya gubernur di Indonesia yang diundang untuk memberikan presentasi di Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ilustrasi © detik.com

Prestasi Gubernur Jambi, Zumi Zola dalam membenahi dan memajukan kota Jambi memang tidak dapat diragukan lagi.

Gubernur muda itu saat ini menjadi satu-satunya gubernur di Indonesia yang diundang untuk memberikan presentasi di Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sidang Umum PBB itu digelar pada 20-22 September 2017.

Perwakilan UNDP, Francine Pickup bersama Gubernur Jambi, Zumi Zola saat menandatangani Letter Of Intent (Lol) pembangunan PLTMH.
Perwakilan UNDP, Francine Pickup bersama Gubernur Jambi, Zumi Zola saat menandatangani Letter Of Intent (Lol) pembangunan PLTMH.

Menurut Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jambi, Johansyah, dalam Sidang Umum PBB itu, Zumi Zola akan mempresentasikan kondisi kelistrikan di Provinsi Jambi. Provinsi Jambi dijadikan pilot project atau percontohan program pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

Program PLTMH itu mendapat sokongan dana dari United Nations Development Programme (UNDP) yang merupakan lembaga organ PBB untuk program pembangunan.

"PLTMH itu adalah implementasi dari Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan," ujar Johansyah.

Rencana pembangunan PLTMH di Jambi ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara Gubernur Jambi, Zumi Zola bersama UNDP yang diwakili oleh Country Director Diputy, Francine Pickup, di rumah dinas Gubernur Jambi, Senin, 11 September 2017.

Akan dibangun Empat PLTMH di Desa Jangkat dan Rantau Kermas yang ada di Kabupaten Merangin. Kemudian dua desa lain adalah Muara Pemuat dan Lubuk Banggar di Kabupaten Sarolangun.

"Dengan pembangunan dan rehabilitasi PLTMH tersebut, diperkirakan 937 rumah atau 6.454 jiwa di empat desa itu akan dapat menikmati akses energi listrik," ujar Zumi Zola.

Beberapa desa baik di Kabupaten Merangin maupun Sarolangun sudah ada yang membangun PLTMH secara swadaya. Namun, mahalnya alat-alat menjadikan pengadaan PLTMH sangat bergantung adanya bantuan pemerintah maupun lembaga donor seperti UNDP.

Sementara itu, Country Director Deputy UNDP, Francine Pickup mengatakan, pihaknya sudah menginisiasi kerja sama pembangunan berkelanjutan tersebut sejak dua bulan lalu. Di mana pembangunan PLTMH di Jambi itu akan direalisasikan pada Juli 2018 mendatang.


Sumber: liputan6.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau100%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Bersama Empat Tokoh Perempuan Dunia, Menteri Luar Negeri RI Diakui Sebagai Agen Perubahan oleh PBB Sebelummnya

Bersama Empat Tokoh Perempuan Dunia, Menteri Luar Negeri RI Diakui Sebagai Agen Perubahan oleh PBB

Jelang 55 Tahun Perkembangan Teknologi Material Indonesia Selanjutnya

Jelang 55 Tahun Perkembangan Teknologi Material Indonesia

Maria Umma Dewi
@mariaumma

Maria Umma Dewi

Ich bin Studentin an der Staatlichen Universitaet Surabaya. Meine Mama ist eine Eingebung. Das Zwielicht ist Schoenheit, liebe ich das. Banyuwangi ist ein wundershoen Indonesien, und komme ich aus Banyuwangi.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.