Mengenal Superhero dari Indonesia di Marvel

Mengenal Superhero dari Indonesia di Marvel

Marvel © Marvel

Mungkin tak banyak yang mengetahui, bahwa di Marvel Universe, Indonesia mempunyai satu 'wakil', menemani Captain America, Iron Man, Spiderman dan lainnya.

Dialah Melati Kusuma a.k.a Komodo.

Sebelum menjadi superhero bernama Melati Kusuma, sosok superhero ini sebelumnya adalah seorang mahasiswi biasa yang mengalami sebuah bencana di dalam hidupnya. Dalam kisahnya, sosok Melati Kusuma ini digambarkan dengan fisik tubuh dan wajah yang tidak sempurna. Semua ini ia alami akibat dari kecelakaan motor hebat sehingga tubuh dan wajahnya penuh luka berat. Hal ini mengakibatkan semua anggota tubuhnya harus diamputasi dan membuat Melati harus menjalani hidupnya dengan duduk di kursi roda.

Melati Kusuma diceritakan dalam komik bahwa ia memiliki kekuatan super dan menjelma menjadi superhero setelah ia meminum sebuah formula atau ramuan yang dihasilkan dari rekayasa genetika. Formula itu diciptakan oleh seorang profesor yang bernama Dokter Curt Connor dan biasa disebut dengan serum Lizard.

Melati Kusuma and Komodo | zettamedia
Melati Kusuma and Komodo | zettamedia

Melati mencuri serum itu dan meminumnya diam-diam untuk mendapatkan tubuhnya yang tidak sempurna itu. Terkait dengan Dokter Curt Connor, profesor tersebut juga pernah menjadi guru bagi sosok Peter Parker atau yang dikenal sebagai Spiderman. Dr. Connor sendiri pada akhirnya juga menjadi musuh bagi Spiderman. Hal ini dikarenakan pengendalian Dr. Connor tidak bisa dijalankan akibat dampak dari formula serum yang diciptakan olehnya sendiri.

Melati Kusuma | Marvel
Melati Kusuma | Marvel

Namun, berbeda dengan Melati. Ia tetap mendapatkan pengendalian tubuh sepenuhnya. Pada akhirnya ia mendapatkan kedua kakinya kembali sebagai ganti kakinya yang sudah diamputasi dahulu meskipun kaki yang ia dapatkan adalah kaki reptil dari seekor Komodo.

Semuanya sudah terlanjur, Melati sudah menerima dirinya sebagai superhero akibat dari formula ramuan tersebut. Meskipun seperti itu, Dokter Connor memerintahkan Melati agar menggunakan kekuatannya dengan bijaksana dan penuh tanggung jawab. Akhirnya Melati Kusuma bergabung dengan The Avengers Initiative.

Melati Kusuma dalam Avenger Innitiative | Marvel
Melati Kusuma dalam Avenger Innitiative | Marvel

Kekuatan unik Melati adalah menumbuhkan kembali sisa tubuhnya yang terpotong dengan bagian tubuh Komodo. Ia dapat berubah wujud sesuai yang ia kehendaki. Jadi, terkadang ia bisa menjadi wanita biasa atau juga bisa menjadi manusia reptil. Apabila ia menjadi sosok wanita biasa, ia tetap menjadi sosok wanita yang kehilangan kedua kakinya dan duduk di kursi roda. Tapi, jika ia menjadi superhero reptil, ia tidak bisa dihancurkan karena ia selalu dapat menumbuhkan anggota tubuhnya dan menyerang musuh yang siap melawannya.

Komodo | Marvel
Komodo | Marvel

Melati Kusuma merupakan karakter superhero yang diciptakan oleh Stefano Caselli dan Dan Slott. Tokoh ini pertama kalinya muncul di komik The Avenger: Intiative. Dikisahkan bahwa Melati dilatih secara resmi bersama SHIELD yang tergabung dalam Tim Initiative yang terdiri dari 50 negara bagian USA di Camp Hammond. Di tempat inilah Melati dilatih menjadi sosok superhero yang hebat. Setelah masa pelatihan selesai, Melati sempat bergabung dengan Dessert Stars Team untuk membantu SKRULL KILL Crew yang berada dalam misi event Secret Invasion.


Sumber : viva.co.id annunaki.me | kebudayaanindonesia.com

Pilih BanggaBangga52%
Pilih SedihSedih3%
Pilih SenangSenang8%
Pilih Tak PeduliTak Peduli9%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi3%
Pilih TerpukauTerpukau24%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Mahasiswa ITS Raih Penghargaan dari Astra Atas Hasil Karya Alat Peringatan Lalu Lintas Sebelummnya

Mahasiswa ITS Raih Penghargaan dari Astra Atas Hasil Karya Alat Peringatan Lalu Lintas

Hi! Apa Kabar Resolusi 2020 Kamu? Supaya Gak Cuma Wacana, Simak 3 Tips Ini Selanjutnya

Hi! Apa Kabar Resolusi 2020 Kamu? Supaya Gak Cuma Wacana, Simak 3 Tips Ini

Akhyari Hananto
@akhyari

Akhyari Hananto

http://www.goodnewsfromindonesia.org

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to understand it. My banking career continued in Yogyakarta when I joined in a program funded by the Asian Development Bank (ADB),as the coordinator for a program aimed to help improve the quality of learning and teaching process in private universities in Yogyakarta. When the earthquake stroke Yogyakarta, I chose to join an international NGO working in the area of ?disaster response and management, which allows me to help rebuild the city, as well as other disaster-stricken area in Indonesia. I went on to become the coordinator for emergency response in the Asia Pacific region. Then I was assigned for 1 year in Cambodia, as a country coordinator mostly to deliver developmental programs (water and sanitation, education, livelihood). In 2009, he continued his career as a protocol and HR officer at the U.S. Consulate General in Surabaya, and two years later I joined the Political and Economic Section until now, where i have to deal with extensive range of people and government officials, as well as private and government institution troughout eastern Indonesia. I am the founder and Editor-in-Chief in Good News From Indonesia (GNFI), a growing and influential social media movement, and was selected as one of The Most Influential Netizen 2011 by The Marketeers magazine. I also wrote a book on "Fundamentals of Disaster Management in 2007"?, "Good News From Indonesia : Beragam Prestasi Anak Bangsa di dunia"? which was luanched in August 2013, and "Indonesia Bersyukur"? which is launched in Sept 2013. In 2014, 3 books were released in which i was one of the writer; "Indonesia Pelangi Dunia"?, "Indonesia The Untold Stories"? and "Growing! Meretas Jalan Kejayaan" I give lectures to students in lectures nationwide, sharing on full range of issues, from economy, to diplomacy

1 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.