Olahan Kuliner Masyarakat Pesisir Pantura Madura

Olahan Kuliner Masyarakat Pesisir Pantura Madura

Keterangan Gambar Utama © Sulis nashwa kirana

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Meskipun sama-sama tinggal di wilayah Madura tapi belum tentu olahan kulinernya sama. Setiap daerah di Madura memiliki keunikan sendiri dalam mengolah makanan. Misal saja wilayah Madura bagian pesisir pantai utara seperti Tanjung bumi dan Banyuates, kedua tempat ini memiliki keunikan tersendiri dalam mengolah hasil laut. Berikut ini beberapa kuliner olehan masyarakat Madura yang tinggal di pesisir pantai utara Madura.

  1. Kuah garang asam

Pada dasarnya sayur garang asam ini memiliki bumbu seperti sayur asam pada umumnya. Bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, lengkuas dan asam tentunya. Yang membedakan sayur ini dengan sayur asam lainnya adalah isian dalam sayur asam. Sayur asam biasanya terdiri dari beraneka macam sayur seperti terung, kangkung, kacang panjang, dan kecambah. Namun isian dalam sayur garang asam ini bukanlah sayuran melainkan ikan segar. Ikan segar langsung dimasukkan kedalam air yang sudah diberi bumbuk kemudian dimasak hingga airnya mendidih. Selain sayur daun kelor sayur garang asam salah satu sayur yang jadi kegemaran masyarakat Madura. Rasa segar yang berasal dari asam memberikan rasa segar saat menyeruput kuahnya. Rasa gurih yang berada dari kuah ikan segar menjadi penyedap alami bagi kuah garang asam.

  1. Pencek petis

Petis adalah satu makanan khas asal Madura. Petis asal Madura terbuat dari kuah ikan segar yang diberi garam kemudian direbus sampai lama hingga kuah ikan mengental. Petis Madura ini tahan hingga berbulan-bulan meski tanpa pengawet. Karena kandungan garam yang ada di petis menjadi pengawet alami. Salah satu bentuk olahan masakan dari petis adalah pencek petis. Pencek petis ini hampir sama dengan sambal mangga muda. Bedanya dalam pencek petis tidak ada tambahan bawang putih, pencek petis ini terbuat dari petis dan cabe seger yang diulek bersama serutan buah mangga muda. Olahan ini tidak memerlukan tambahan garam karena petisnya sendiri memiliki rasa asin. Biasanya pencek petis ini akan ditambahkan ikan kering seperti ikan teri yang sudah dikeringkan. Sensasi pedas, asin, gurih dan asam membuat nafsu makan kian bertambah

3.Sayur daun mangga muda

Karena lokasi yang berdekatan dengan pantai maka tak heran jika banyak olahan makanan yang berasal dari ikan segar. Selain sayur garang asem orang pesisir pantura Madura juga memiliki olahan ikan segar lainnya yang berasal dari teri segar (orang biasanya menyebut teri Medan) yang dibungkus dengan daun mangga muda. Bumbu yang dipakai bisa seperti bumbu sayur asam lainnya. Bisa juga olahan ini diberi bumbu semacam lodeh. Perpaduan kuah ikan dengan daun asam menghasilkan cita rasa segar khas yang tidak terdapat di masakan sayur lainnya.

Jika Anda berkesempatan berkunjung ke wilayah Pantura pulau Madura jangan lupa untuk turut menikmati sajian kuliner hasil lautnya. Setiap olahan kuliner lautnya memilki cita rasa tersendiri. Rasa gurih yang berasal dari sari pati ikan menjadi sensasi kuliner tersendiri yang tidak akan anda dapatkan kecuali di pulau Madura.

Tulis berita baik Anda di sini..


Sumber:

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi100%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Diputar di Italia, Film “Ini Kisah Tiga Dara” Mendunia Sebelummnya

Diputar di Italia, Film “Ini Kisah Tiga Dara” Mendunia

Honda PCX Baru Dibekali Mesin 157 cc dan Rangka Baja Selanjutnya

Honda PCX Baru Dibekali Mesin 157 cc dan Rangka Baja

sulis nashwa kirana
@sulis_nashwa

sulis nashwa kirana

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.