Menristekdikti: Puspiptek akan Menjadi Pusat Taman Sains dan Teknologi Nasional

Menristekdikti: Puspiptek akan Menjadi Pusat Taman Sains dan Teknologi Nasional

Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2017 dibuka Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir (tengah), didampingi Kepala Puspiptek Sri Setiawati (kiri) dan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany (kedua dari kiri). © Media Center

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) merupakan kawasan penelitian terbesar di Indonesia. Tiga lembaga riset negara, yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan). Sebanyak 47 pusat penelitian dan balai pengujian berada di dalam kawasan yang terletak di Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten tersebut.

Demi memperkenalkan inovasi dan hasil penelitian yang telah dihasilkan kepada masyarakat, Puspiptek menyelenggarakan Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2017. Ini menjadi ajang bagi para peneliti dan innovator untuk memamerkan karyanya. Selain berisi pameran, agenda yang berlangsung pada 29 September hingga 1 Oktober 2017 ini, diisi dengan seminar, pelatihan dan permainan edukatif berbasis sains.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

“PIF 2017 diselenggarakan untuk mengajak masyarakat mengenal Puspiptek dan kiprahnya dalam perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia,” jelas Kepala Puspiptek Sri Setiawati. Bersama badan penelitian dinaunginya, Puspiptek yang merupakan bagian dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengajak Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk menyelenggarakan PIF 2017.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany nyatakan dukungannya terhadap penyelenggaraan kegiatan ini. “PIF akan menjadi agenda tahunan Kota Tangsel,” tambahnya. PIF 2017 merupakan penyelenggaraan kali pertama, yang menggandeng Bitread, Teknopreneur dan Good News from Indonesia (GNFI) untuk menjadi pelaksana kegiatan memperkenalkan karya inovasi para peneliti Puspiptek kepada masyarakat luas tersebut.

Dalam pembukaan Jumat (29/09) pagi, Menristek Mohammad Nasir melihat betapa strategisnya posisi Puspiptek bagi perkembangan IPTEK Indonesia. Saat ini Kemenristek bahkan sedang menyiapkan Puspiptek sebagai Pusat Taman Sains dan Teknologi Nasional atau science and technopark (STP) pada 2019 mendatang. “Saat ini sedang dikembangkan sembilan STP di berbagai daerah, dengan tiga diantaranya sudah sangat siap menjadi STP unggulan,” lanjutnya.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang13%
Pilih Tak PeduliTak Peduli13%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi13%
Pilih TerpukauTerpukau13%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Inilah Sekelumit Cerita Suksesnya Pagelaran Festival Colorfull Indonesia di Paris Sebelummnya

Inilah Sekelumit Cerita Suksesnya Pagelaran Festival Colorfull Indonesia di Paris

Sejarah Hari Ini (4 Juli 1927) - Pembentukan PNI oleh Sukarno dan Cipto Mangunkusumo Selanjutnya

Sejarah Hari Ini (4 Juli 1927) - Pembentukan PNI oleh Sukarno dan Cipto Mangunkusumo

Adriani Zulivan
@adrianizulivan

Adriani Zulivan

http://heritageinventory.web.id/

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.