Yuk, Intip! KA Jayakarta Premium, Kereta yang Sediakan Gerbong Untuk Difabel

Yuk, Intip! KA Jayakarta Premium, Kereta  yang Sediakan Gerbong Untuk Difabel
info gambar utama

Bertepatan dengan HUT Kereta Api ke-72, PT KAI (Persero) Daop 1 resmi mengubah nama salah satu keretanya. Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan Premium diubah menjadi Kereta Api Jayakarta Premium. Pengubahan nama ini tak mengubah rute atau jurusan kereta yang tetap menghubungkan Stasiun Pasar Senen, Jakarta ke Stasiun Gubeng di Surabaya.

“Nama Jayakarta yang kasih nama dari Jakarta, mungkin diharapkan kereta ini bisa jaya terus," ujar Dadan Rudiansyah selaku Executive Vice President Daop 8 di Stasiun Gubeng Surabaya kepada detik.com, kemarin (28/9).

Perubahan nama ini dilakukan dalam rangka new building image terhadap kereta api jenis premium tersebut.

“Kebijakan ini dilakukan dalam rangka membangun citra Kereta Api Jayakarta Premium, sehingga dapat meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan layanan kereta api,” ujar Dadan.

Perubahan nama KA Jayakarta Premium | sindonews.com
info gambar

Tak sekadar mengubah nama, PT KAI juga meningkatkan kualitas Kereta Api Jayakarta Premium. Kereta ini sebenarnya masuk kelas ekonomi. Namun, kereta ini memiliki fasilitas premium layaknya kereta kelas eksekutif.

“Di Kereta Api Jayakarta Premium ini kami menyediakan unit untuk penumpang difabel. Dari delapan unit kereta, kami sediakan dua unit untuk penumpang yang difabel. Satu unit gerbong untuk penumpang difabel berisi 64 tempat duduk,” jelas Dadan.

Total KA Jayakarta Premium dalam satu kali perjalanan Jakarta-Surabaya atau sebaliknya dapat memuat 768 tempat duduk. Rinciannya, ada delapan unit gerbong kereta premium dengan kapasitas masing-masing 80 tempat duduk.

“Dua gerbong untuk difabel itu kami desain berbeda dengan kursi penumpang umumnya. Bahkan, juga disediakan kursi roda dalam rangka mempermudah aktifitas para difabel saat di dalam kereta,” tambah Suprapto, Senior Manager Humas PT KAI DAOP 1 Jakarta.

Fasilitas KA Jayakarta Premium | Liputan6
info gambar

Meski kualitasnya meningkat, tarif Kereta Api Jayakarta Premium menggunakan tarif batas bawah dan tarif batas atas. Tarif batas bawah dengan tujuan Pasar Senen Jakarta adalah 180 ribu rupiah, sedangkan tarif batas atasnya 450 ribu rupiah.

Adanya peningkatan kualitas tanpa peningkatan tarif kereta, membuat para pengunjung Kereta Api Jayakarta Premium merasa sangat puas.

“Saya memang sering naik kereta. Dari tahun ke tahun saya melihat kualitas kereta ekonomi juga semakin baik dan saya senang,” ujar Yuni (28), salah satu penumpang Kereta Api Jayakarta Premium.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini