Selamat Hari Batik Nasional! Lebih Cinta Batik dengan Mengetahui 7 Fakta Menarik Tentangnya

Selamat Hari Batik Nasional! Lebih Cinta Batik dengan Mengetahui 7 Fakta Menarik Tentangnya
info gambar utama

2 Oktober 2017, pada tanggal ini tepatnya kita semua merayakan hari batik Nasional. Perayaan ini diadakan untuk memperingati batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO.

Bagi kawan penggemar batik, sudah menjadi keharusan untuk mengenal warisan negara ini lebih dekat. Fakta-fakta batik berikut tak kalah menarik dari motifnya

1. Asal Muasal Nama Batik

Fakta batik yang pertama adalah arti dari nama batik itu sendiri. Kata “Batik” sebenarnya berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa : “amba”, yang bermakna “menulis” dan “titik” yang bermakna “titik”. Yap jika kedua kata tersebut digabungkan berarti menulis titik-titik "indah di atas kain"

2. Berpuasa Sebelum Membatik

Membatik | HamzahBatik
info gambar

Fakta batik selanjutnya berasal dari tradisi di masa lampau dimana batik masih dikerjakan secara sangat manual dan tradisional. Masyarakat Jawa pada masa itu percaya bahwa doa bisa dihantarkan melalui goresan malam diatas kain. Maka, sebelum mulai membatik, banyak yang berpuasa terlebih dahulu dan melanturkan doa-doa dan harapan tertentu.

3. Batik Bukan Benda, Melainkan Proses

Batik sendiri sebenarnya merupakan sebuah proses pembuatan motif pada selembar kain menggunakan lilin atau perintang “malam” dalam bahasa Jawa. Jadi, jika kawan menemukan sebuah kain batik namun dalam proses pembuatannya sama sekali tidak menggunakan perintang “malam”, maka kain itu tidak bisa disebut batik, melainkan kain bermotif batik.

4. Dibalik Motif dan Corak Batik

Corak Batik | Griya Batik
info gambar

Motif dan corak batik setiap daerah berbeda, biasanya masyarakat di setiap daerah mengakomodasi corak dar ragam flora dan fauna. Batik saat ini dibedakan menjadi dua. Batik tradisional dan Batik modern. Pada batik tradisional masih menggunakan motif berfilosofis yang umumnya mencerminkan daerah pembuatan. Sedangkan untuk motif batik modern tidak bermakna simbolik dan cenderung berwarna bebas seperti ungu, biru, kuning, dsb. Untuk batik tradisional cenderung berwarna gelap, putih, atau coklat kehitaman

5. Penggenalan Batik Pertama Kali

Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden kedua indonesia, Soeharto, yang dikenakan pada Konferensi PBB

6. Wisata Batik

Kain batik tak hanya digunakan sebagai pakaian formal sehari-hari yang dijual di pusat perbelanjaan atau pasar pakaian. Di beberapa daerah asalnya ada destinasi wisata kampung batik yang juga diminati traveller asing. Misalnya di Solo ada Kampung Batik Laweyan dan Kauman. Di Pekalongan juga terdapat lokasi kampung batik tulis yang wajib disinggahi. Bagi Kawan yang penasaran, yuk datangi kampung batik tersebut. Kawan pun dapat menyaksikan teknik membatik secara langsung atau malah ikut membatik di sana.

7. Batik Juga digandrungi oleh tokoh-tokoh dunia

Batik Mendunia | Iyakan.com
info gambar

Populernya batik tidak terlepas dari peran insan seni tanah air dalam mengenalkan busana batik. Beberapa selebritis Indonesia memang selalu mencoba menggunakan busana Indonesia ini pada kesempatan-kesempatan tertentu. Tapi siapa sangka, selebriti internasional juga turut menyukai busana tradisional Indonesia ini. Sebut saja Jessica Alba, Nelson Mandela, dan top model Heidi Klum yang pernah tertangkap kamera menggunakan busana dengan motif batik Indonesia.


Sumber: Dari berbagai sumber

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini