Universitas Tanjungpura sebagai Tuan Rumah CILS International Conference on States Boundary Affairs ke-8

Universitas Tanjungpura sebagai Tuan Rumah CILS International Conference on States Boundary Affairs ke-8
info gambar utama

Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura Pontianak, bekerjasama dengan Center for International Law Studies (CILS) Universitas Indonesia menyelenggarakan the 8th CILS International Conference on States Boundary Affairs. Bertempat di aula pertemuan lantai tiga gedung Rektorat Universitas Tanjungpura Pontianak, yang dilaksanakan pada hari Senin, 2 Oktober 2017 lalu.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari dalam maupun luar negeri yang pada umumnya berasal dari kalangan akademisi terdiri dari 15 Universitas dan 2 NGO (Non Government Organizations/Lembaga Swadaya Masyarakat) dari Indonesia, 13 Universitas dan satu NGO luar negeri, serta satu perwakilan dari International Court of Justice (ICJ). Konferensi Internasional CILS kali ini mengambil fokus pada permasalahan yang terjadi di daerah perbatasan.

Rektor Untan, Prof Dr H Thamrin Usman DEA, mengatakan, ada banyak hal yang menarik untuk dikaji. Semisal kondisi dan situasi yang sering melanda di perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Meskipun negara-negara tersebut dipisahkan oleh batas negara dan hukum wilayah, namun sesungguhnya tidak ada batasan diantara keduanya jika dilihat dari etnis, kebiasaan, serta kearifan lokal.

Suasana CILS International Conference ke-8
info gambar

Adapun pokok-pokok pembahasan yang akan dibicarakan bersama dalam konferensi ini lebih merujuk pada penguatan hukum serta perjanjian hukum antar dua negara ini. Namun harapan tetap terhadap prioritas pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah kepada daerah perbatasan saat ini akan menjadi tonggak kemajuan daerah perbatasan dari kondisinya pada saat sebelum-sebelumnya.

Hasil diskusi yang dilakukan oleh para partisipan konferensi ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh pemerintah untuk memikirkan lebih lanjut bagaimana cara untuk terus memperbaiki situasi yang ada di perbatasan Indonesia.


Sumber: untan.ac.id

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini