Berbagai prestasi ternyata diraih startup asal Indonesia di ajang ITU Telecom World 2017 yang lalu. Tidak hanya startup yang berorientasi profit seperti AdMedika milik Telkom Indonesia, prestasi juga diraih oleh startup berbasis sosial bernama Design for Dream asal Yogyakarta. Startup tersebut meraih juara di kejuaraan Busan Global Smart Cities Challenge (BGSCC) Award of Busan Metropolitan City  di Young ICT Leader's Forum 2017 yang merupakan salah satu rangkaian acara ITU pada 25-30 September 2017 yang lalu. 

Berdasarkan rilis yang diterima GNFI, CEO dan co-founder Design for Dream, Irvandias Sanjaya mengungkapkan bahwa startup yang didirikannya bersama empat rekannya, Imam Pesuwaryantoro, Jaka Sembodo, Martha Chyntia dan Dwiki Ridhala itu keluar sebagai pemenang setelah bersaing dengan 2.000 startup dari berbagai negara. Design for Dream kemudian masuk menjadi salah satu dari 20 finalis yang harus melakukan presentasi di hadapan juri dan peserta forum yang terdiri dari 100 perwakilan dari 100 negara. 

Kemenangan Design for Dream sejatinya tidak disangka-sangka oleh Irvandias. Sebab dirinya bukanlah pemuda yang memiliki latar belakang teknik yang memahami koding. Irvandias merupakan lulusan Psikologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang harus bersaing dengan mayoritas peserta yang berasal dari latar belakang informatika dan teknik komputer yang lebih menguasai tema-tema seperti kecedasan buatan atupun Internet of Things untuk smart cities. 

Irvandias merasa bersyukur bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional. Dirinya juga berharap prestasi ini bisa menjadi pembuka jalan bagi generasi-generasi muda Indonesia lainnya untuk dapat melakukan hal yang serupa atau bahkan lebih dari apa yang telah diraih Design for Dream. 

CEO Design for Dream, Irvandias Sanjaya saat menjadi juara BGSCC Award 2017 di Busan (Foto: dok. Irvandias)
CEO Design for Dream, Irvandias Sanjaya saat menjadi juara BGSCC Award 2017 di Busan (Foto: dok. Irvandias)

Design for Dream sendiri merupakan startup Crowdhelping yang berusaha membantu masyarakat disabilitas untuk bisa mewujudkan mimpi-mimpinya. Selain menggalang dana untuk mewujudkan mimpi, Design for Dream juga menjadi wadah untuk para relawan jika memiliki keinginan untuk menjadi "Pahlawan" atau "Heroes" untuk para disabilitas.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu