Ingat Krisis Moneter Tahun 1998? Kisahnya Juga Tersimpan di Tempat Ini, Lho!

Ingat Krisis Moneter Tahun 1998? Kisahnya Juga Tersimpan di Tempat Ini, Lho!

Museum Bank Indonesia © jakartahariini.com

Museum merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk menyimpan barang-barang dengan cerita sejarah. Salah satu museum yang harus dikunjungi oleh semua orang yaitu Museum Bank Indonesia. Museum ini terletak di daerah Kota Tua, Jalan Pintu Besar Utara Nomor 3, Jakarta Barat. Bangunan dari museum ini menempati area bekas gedung Bank Indonesia Kota yang merupakan cagar budaya peninggalan De Javasche Bank yang dibangun pada tahun 1828.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Museum Bank Indonesia memberikan informasi mengenai peran Bank Indonesia dalam sejarah perjalanan bangsa dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di tanah air sampai terbentuknya Bank Indonesia pada tahun 1953. Selain itu, terdapat pula kisah mengenai kebijakan-kebijakan terdahulu Bank Indonesia yang terdiri dari latar belakang dan dampak kebijakan yang diambil terhadap masyarakat sampai dengan tahun 2005.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Tampilan dari Museum Bank Indonesia dikemas apik dengan memanfaatkan teknologi modern dan multimedia. Jika kita berkunjung ke Museum Bank Indonesia, kita dapat menjumpai display elektronik, panel statik, televisi plasma, dan diorama. Ada juga patung yang menceritakan pembangunan dan aktivitas perbankan pada masa kolonial. Pengunjung dapat belajar sejarah terbentuknya Bank Indonesia yang dilengkapi dengan fakta dan koleksi benda-benda bersejarah, seperti koleksi uang numismatik pada masa kerajaan-kerajaan nusantara.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Museum Bank Indonesia juga menyimpan sejarah perkembangan perekonomian Indonesia sejak zaman dahulu hingga masa kini. Ingat krisis moneter yang melanda Indonesia pada tahun 1998? Di Museum ini juga diceritakan, lho. Koleksi mata uang dan tumpukan emas batangan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke Museum Bank Indonesia.

Tumpukan Emas di Museum Bank Indonesia
Tumpukan Emas di Museum Bank Indonesia

Sebelum mengakhiri wisata edukasi di Museum Bank Indonesia, sempatkan untuk berbelanja souvenir di bagian belakang. Souvenir yang dijual antara lain sticker, kartu pos, gantungan kunci, alat tulis, dan kaos. Kesemuanya menggambarkan Museum Bank Indonesia. Tak perlu khawatir, harga yang ditawarkan cukup terjangkau.


Sumber: dihimpun dari berbagai sumber

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Arsenal Pernah Tidak Berdaya dari Tim Indonesia, di Surabaya Sebelummnya

Arsenal Pernah Tidak Berdaya dari Tim Indonesia, di Surabaya

Tiga Negara dalam Satu Kota Surabaya Selanjutnya

Tiga Negara dalam Satu Kota Surabaya

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.