Kenali Tentara Nasional Indonesia dengan Membedakan Warna Seragam Mereka

Kenali Tentara Nasional Indonesia dengan Membedakan Warna Seragam Mereka

Ilustrasi Tentara Nasional Indonesia © http://www.moddb.com/games/men-of-war-assault-squad/addons/tni-skin-hq

Belum lama ini, tepatnya pada 5 Oktober kemarin kita sama-sama melihat kemeriahan peringatan HUT TNI ke-72. Selama 72 tahun bertumbuh bersama masyarakat Indonesia, tentara yang kita banggakan telah menoreh banyak prestasi tidak hanya di dalam negeri tetapi juga yang diakui dunia, salah satunya ketika menjadi juara umum dalam Lomba Tembak, diraih pada Australian Army of Skill at Meeting (AASAM) tahun 2017.

Selain prestasi, kamu mungkin juga penasaran bagaimana penampilan seragam tentara Indonesia. Berikut ini, penulis kawan GNFI telah merangkumkan beberapa informasi tentang penampakan seragam TNI, baik itu Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Angkatan Darat.

  1. TNI AD

Seragam merupakan bagian terpenting dari suatu pekerjaan terutama pada tentara. Bahkan sejak perang dunia ke 1 dan 2, sudah banyak desainer seragam menyerahkan hasil karyanya kepada departemen kemiliteran, dan hasilnya pun ada yang diterima dengan berbagai alasan seperti desainnya yang keren, modis, modern dan juga gagah.

Seragam para TNI AD (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat) biasanya mengenakan seragam dengan motif loreng khas tentara, yang dilengkapi dengan baret dengan warna yang disesuaikan dengan paduan warna hijau, hitam, dan coklat tua, yang akan semakin membuat para anggota TNI semakin gagah.

Pakaian Dinas TNI AD | sumber foto dari seputarjabar.com
Pakaian Dinas Upacara TNI AD | sumber foto dari seputarjabar.com

Pada bagian bahu di seragam mereka, biasanya disematkan bintang pertanda jabatan TNI mereka masing-masing. Perangkat lainnya juga tersemat gagah di bagian dada mereka. Mereka juga harus mengenakan sepatu khusus berwarna hitam yang akan semakin menambah perkasa penampilan pahlawan yang berjuang menjaga kedaulatan NKRI ini. Dan pada kondisi tertentu juga, seragam TNI yang mereka kenakan juga akan semakin gagah dengan tambahan senjata yang menggantung di pinggang masing-masing anggota TNI.

Berikut adalah beberapa gambar pakaian TNI AD yang pernah ada :

seragam TNI AD di masa sebelumnya | gambar dari pusatkonveksimurah.com
seragam TNI AD di masa sebelumnya | gambar dari pusatkonveksimurah.com

Gambar diatas merupakan gambar seragam TNI AD di masa lampau, yang mana dikala masih ada zaman penjajahan di Indonesia. Di masa itu belum terbentuk TNI AD, namun pasukan tersebut disebut dengan KNIL (Koninklijke Nederlandsch-Indische Leger) yang diambil dari bahasa Belanda yang berarti tentara kerajaan Hindia Belanda. Namun KNIL hanya bertahan hingga tanggal 20 Juli 1950 saja, setelah dibubarkan, barulah pasukan tentara Indonesia disebut dengan TNI.

penampakan seragam TNI AD sekarang | foto dari liputan6.com
penampakan seragam TNI AD sekarang | foto dari liputan6.com

Selama ini kita menganggap seragam TNI ini dengan istilah loreng TNI, namun sebenarnya seluruh seragam tentara di dunia memiliki nama, warna dan motif yang hampir sama. Mengapa dipilih warna dan motif sedemikian rupa?

Karena perpaduan warnanya adalah yang paling cocok utnuk dipakai di hutan-hutan dunia, dan kebanyakan pula menganggap bahwa seragam ini keren, sehingga memilih untuk menggunakannya.

Selain itu juga karena hutan di Indonesia umumnya hiijau gelap, banyak ditemukan hutan hujan, oleh karenanya pada pedalaman hutan seperti Papua dan Sumatera, warna ini sangat bagus untuk melakukan penyamaran dengan alam dan tidak gampanng terlihat oleh musuh.

Meskipun begitu, tentara kita juga mengenakan DPM dua warna untuk tugas di Lebanon. Pengecualiannya adalah untuk tugas ke luar negeri di Libanon, pasukan TNI AD menggunakan warna adaptasi gurun, berwarna kuning coklat, dan coklat tua.

  1. TNI AU

Bagi mereka yang mengikuti Akademi Angkatan Udara, disebut dengan taruna udara atau istilah lainnya adalah karbol. Selama berstatus sebagai Karbol AAU, semua pakaian dan seragam Karbol disediakan oleh dinas. Mulai dari pakaian dalam, pakaian harian, pakaian upacara, topi, pakaian olahraga, sepatu, kaos kaki dll disediakan oleh dinas.

Barisan tentara yang dapat dibedakan dari warna seragamnya, angkatan darat berwarna hijau kecoklatan dan angkatan udara berwarna biru loreng | foto dari rri.co.id
Barisan tentara yang dapat dibedakan dari warna seragamnya, angkatan darat berwarna hijau kecoklatan dan angkatan udara berwarna biru loreng | foto dari rri.co.id

Secara umum seragam karbol dibagi dlm 6 kategori : Pakaian Dinas Upacara (PDU), Harian (PDH), Pesiar (PDP), Pakaian Dinas Lapangan (PDL), Drumband (PDD) & Olahraga (POR).Dari 6 kategori tersebut dibagi lagi menjadi beberapa seragam sesuai dengan kegiatan atau peruntukannya. Berikut ini sebagian dari gambar yang dapat di kumpulkan mengenai seragam Angkatan Udara yang penulis dapat dari chirpstory.com :

Yang pertama adlh PDU (Pakaian Dinas Upacara) I, digunakan saat upacara hari besar TNI, ziarah & pemakaman, pelantikan & HUT TNI

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Selanjutnya PDU II, digunakan saat jamuan resmi kenegaraan atau kegiatan yg bersifat resmi dengan negara lain

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Selanjutnya adalah PDU IV, seragam ini digunakan saat Upacara HUT Satuan atau upacara serah terima jabatan

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Kemudian, PDH (Pakaian Dinas Harian) yang digunakan untuk berdinas sehari-hari di kantor

foto dari kompas.com
foto dari kompas.com

PDL (Pakaian Dinas Lapangan) TNI yg digunakan oleh seluruh matra baik AD, AL maupun AU

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Kalau yang ini PDL Swa Bhuana Pakça, digunakan pada saat acara khusus dan upacara tgl 17 setiap bulannya

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Sedangkan yg ini adalah PDHL (Pakaian Dinas Harian Lapangan) biasa dikenakan saat menjadi Komandan Upacara pd suatu peringatan/upacara

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Pakaian olahraga yg digunakan pada saat hari olahraga setiap Selasa & Jumat

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Sedikit informasi, TNI Angkatan Udara awalnya bagian dari TNI AU yang dulunya bernama bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR Jawatan Penerbangan), kemudian pada 9 April 1946 berdirilah sendiri TNI AU bersamaan dengan dibentuknya Tentara Republik Indonesia (TRI Angkatan Udara) sesuai dengan Penetapan Nomor 6/SD tahun 1946. Moto TNI AU adalah Swa Bhuwana Paksa yang dalam bahasa Sansekerta berarti "Sayap Pelindung Tanah Airku".

  1. TNI AL
foto dari antaranews tentang peragaan seragam TNI AL dengan hijab
foto dari antaranews tentang peragaan seragam TNI AL dengan hijab

Seragam TNI Angkatan Laut juga dibedakan menjadi PDH Upacara, PDH Penerbang, PDH Penerbang SAR, PDH Pomal, PDH Layar, PDH Olahraga dan Pakaian Dinas Hamil tersebut merupakan seragam resmi anggota Korps Wanita TNI AL (Kowal), dan masih ada unit seragam lainnya sesuai dengan kegiatan dan peruntukkannya. Berikut gambar seragam TNI Angkatan Laut :

Untuk PDH Upacara

foto dari http://koarmabar.tnial.mil.id
foto dari http://koarmabar.tnial.mil.id

Kemudian untuk Pakaian Dinas Penerbang SAR seperti ini :

foto dari merauke.basarnas.go.id
foto dari merauke.basarnas.go.id

Dan tak kalah penting adalah Pakaian Dinas Lapangan TNI AL :

foto diambil dari portalkata.id
foto diambil dari portalkata.id

Demikianlah penampakan seragam dari masing-masing TNI baik itu Angkatan Darat, Udara dan Laut. Semoga rangkuman diatas bermanfaat. Salam tangguh, Indonesia !


Sumber: diambil dari berbagai sumber

Pilih BanggaBangga63%
Pilih SedihSedih3%
Pilih SenangSenang6%
Pilih Tak PeduliTak Peduli5%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi10%
Pilih TerpukauTerpukau13%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Dapatkah Transportasi Online Menghilangkan Kebutuhan akan Transportasi Publik? Sebelummnya

Dapatkah Transportasi Online Menghilangkan Kebutuhan akan Transportasi Publik?

Di Balik Paras Cantik Penari Gandrung Sewu Selanjutnya

Di Balik Paras Cantik Penari Gandrung Sewu

Julian Alsen
@julian

Julian Alsen

Hadapi & Menangkan

3 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.