Pembangunan infrastruktur di Indonesia terus dilakukan demi menunjang potensi pertumbuhan ekonomi yang diprediksi terus berada di angka yang cukup tinggi. Pembangunan tersebut meliputi berbagai hal salah satunya adalah jalan tol yang belum lama ini diresmikan di Sumatera Selatan. Tol ini menjadi tol pertama di Sumatera Selatan. 

Seperti diberitakan Kontan (12/09), tol Palembang - Indralaya atau disebut juga Palindra merupakan tol trans Sumatra yang telah diimpikan sejak zaman Belanda. Namun baru saat ini akhirnya dapat terealisasi.

Pembangunan tol ini terbilang cukup menantang karena tol tersebut dibangun di atas lahan rawa. "Konstruksinya khusus, biaya dibanding tol lain hampir 1,5 kali lipat karena harus menguru 7 meter, menyedot airnya," ujar Presiden RI, Joko Widodo saat peresmian Tol Palembang - Pamulutan yang merupakan seksi 1 dari Tol Palembang Indralaya. 

Setelah seksi 1, pembangunan berikutnya adalah seksi 2 dengan ruas Pemulutan - KTM Rambutan dan seksi 3 KTM Rabutan - Indralaya. Ditargetkan pembangunan seksi 2 dan tiga tersebut dapat usai pada akhir 2018. 

Sejatinya tol Palindra seksi 1 telah diuji coba saat lebaran yang lalu saat H-5 hingga H+10 lebaran untuk membantu kelancaran arus mudi. Tol ini juga diproyeksi mampu membantu peran kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII 2018 mendatang.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu