Tiga Lapangan Gas Baru Dibuka Di Natuna

Tiga Lapangan Gas Baru Dibuka Di Natuna
info gambar utama
Indonesia memang kaya dengan sumber daya alam. Meskipun industri minyak dan gas dunia sedang lesu, eksplorasi lapangan gas baru tetap di lakukan. Salah satunya terjadi di Natuna yang beberapa waktu lalu mulai di eksplorasi tiga lapangan gas baru.

Sebagaimana diberitakan detikFinance (12/09), tiga lapangan gas baru tersebut adalah lapangan Bison, Iguana dan Gajah Puteri (BIGP) yang terleah di Laut Natuna, Kepualau Anambas. Proyek eksplorasi tersebut dilakukan oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama Premier Oil Natuna Sea BV. Dan merupakan kelanjutan dari pengembangan gas di wilayah Natuna Sea Block A. Proyek pembukaan lapangan gas tersebut juga termasuk pengembangan tiga sumur subsea masing-masing di Lapangan Bison, Iguana, dan Gajah Pueteri di kedalaman sekitar 80 meter permukaan laut.

"Ini merupakan progres penting bagi proyek tersebut, sekaligus menunjukkan bahwa industri hulu migas Indonesia masih menggeliat meskipun harga minyak dunia belum sepenuhnya pulih," kata Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Wisnu Prabawa Taher.

Produksi dari lapangan Bison dan Iguana akan dialirkan melalui pipa masing-masing sejauh 8 kilometer dan 6 kilometer menuju Angjungan Pelikan sebelum diteruskan ke fasilitas Gajah Baru CPP untuk diproses. Sedangkan produksi dari Lapangan Gajah Puteri akan dialirkan melalui pipa sejauh 42 km ke Angjungan AGX dengan sistem kontril dari Anjungan Naga.

Pengembangan gas BIGP ini tentu saja akan menambah cadangan gas Indonesia sebesar 80 miliar kaki kubik, dengan produksi maksimum sebesar 60 juta kaki kubik per hari. Sementara produksi kondensatnya sendiri sebesar 1.100 barrel minyak per hari. Proyek pembukaan lapangan ini diharapkan selesai pada akhir kuarta III tahun 2019 dan kemudian baru mulai memenuhi permintaan gas.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini