Goa Tanding Dengan Stalaktit Berkilauan

Goa Tanding Dengan Stalaktit Berkilauan
info gambar utama

Daerah Gunung Kidul seolah tak berhenti menawarkan eksotisme alam menarik yang wajib ditelusuri. Bila mencari lokasi wisata seru yang menantang adrenalin, coba datangi goa yang terletak di wilayah Gunung Kidul. Salah satu goa menarik yang patut dikunjungi yaitu Goa Tanding. Goa Tanding ini terletak di dusun Gelaran II, desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Menawarkan wisata susur goa yang berbeda, memiliki ruang yang lebih besar dan luas serta lorong yang lebih panjang. Maka penelusuran dapat dilakukan dengan perahu karet berkapasitas 6 orang. Menikmati pesona Goa Tanding bersama teman ataupun keluarga.

Obyek wisata ini memang masih tergolong baru, saat ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Wilayah Gunung Kidul merupakan daerah yang potensial untuk wisata dimana daerahnya sendiri dikelilingi oleh perbukitan dan gunung karst. Didalamnya ternyata juga terdapat goa yang dialiri air sungai. Saat ini lokasi wisata Goa Tanding juga sudah dikelola dengan baik.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Memasuki wilayah Goa Tanding, penelusuran melalui susur sungai sepanjang 450 meter pun dimulai. Goa dengan lebar 1-8 meter dengan ketinggian 4-11 meter akan membuat leluasa saat menyusuri keindahan stalakmit dan stalaktit yang berada di sepanjang goa. Kedalaman airnya bervariasi yaitu sekitar 2-4 meter. Keunikan lainnya yaitu terketak pada pintu masuk maupun keluarnya. Dimana Goa Tanding sendiri hanya memiliki satu pintu untuk jalan masuk dan keluar.

Mengingat namanya sebutan Goa Tanding sendiri memang bukan tanpa alasan. Nama Goa Tanding diambil dari nama warga yang pertama kali menemukan Goa Tanding yaitu Harto Tanding. Beliau mengggali sumur namun tak kunjung menemukan air yang keluar. Semakin dalam mengggali justru linggis atau alat menggali sumur menembus rongga yang ada di perut bumi. Sejak ditemukan goa ini juga tidak memiliki akses keluar masuk kecuali melalui sumur Mbah Harto.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Suasana sunyi dan gelap akan terasa saat pertama kali memasuki goa. Setelah itu akan terlihat pemandangan luar biasa berupa ornamen goa yang unik. Kondisi di dalam gua gelap gulita karena tidak ada cahaya matahari yang masuk ke dalam goa, menjadikan wisatawan perlu membawa lampu senter sebagai penerangan. Penerangan cahaya itu dapat membuat beberapa stalaktit dan stalagmit Gua Tanding berwarna emas.

Namun, tak hanya itu saja Goa Tanding menawarkan terapi ikan bagi pengunjung. Letaknya sekitar 20 meter namun harus turun ke bawah dari arah pintu masuk. Di sini pengunjung akan merasakan terapi ikan di air yang jernih dan mengalir bukan pada kolam buatan seperti terapi ikan pada umumnya.

Keindahan yang disajikan ini membuat Goa Tanding menjadi potensi wisata alam yang menjanjikan. Maka ekplorasi wisata alam hendaknya terus dilakukan mengingat Indonesia memiliki ragam keindahan alam yang mungkin belum terjamah mata manusia.


Sumber: gunungkidulku.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini