Jelajah Kebun Raya Bogor Lewat Genggaman

Jelajah Kebun Raya Bogor Lewat Genggaman
info gambar utama

Kebun Raya Bogor sebagai destinasi publik, dituntut untuk memberikan pelayanan dari hari ke hari, dan perlu keberlanjutan komitmen. Di era digital saat ini, setiap orang mampu mengakses informasi di tangannya melalui gawai. Menjawab tantangan tersebut, Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya Bogor-LIPI berinovasi untuk meningkatkan layanan bagi pengunjung serta memudahkan mereka menjelajahi kebun seluas 87 hektare tersebut dengan menghadirkan aplikasi Jelajah Kebun Raya Bogor. Aplikasi ini diluncurkan 2016 lalu dan dapat diungah secara gratis di play store android.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Hampir setiap hari dan akhir pekan Kebun Raya Bogor selalu dikunjungi oleh masyarakat baik berwisata, ataupun kegiatan pertemuan dan study tour. Jika hari biasa rata-rata pengunjung Kebun Raya berkisar antara 1.000 sampai 2.500. Di akhir pekan lebih banyak mencapai 4.000 wisatawan. Terutama jika di libur hari besar pengunjung membludak bisa mencapai 6.000 bahkan 10 ribu orang.

Kepala Subbagian Kerja Sama dan Informasi PKT Kebun Raya Bogor-LIPI, Rosniati Apriani Risna, menjelaskan aplikasi ini dibuat mengingat keterbatasannya tenaga pemandu serta luasnya area kebun raya. Dirancang oleh Bagian Kerja Sama dan Informasi PKT Kebun Raya Bogor dan pusat IT. Menyediakan fitur informasi, dan navigasi. Pada layanan informasi, ada sekitar 40 item yang menjadi minat atau "poin of interest" yang ada di Kebun Raya Bogor, seperti monumen Reinwardt si pencetus berdirinya Kebun Raya Bogor, pohon jodoh, Istana Bogor, taman mexixo, pohon kenari babi dan lainnya.

Salah satu dari lima fungsi Kebun Raya Bogor adalah sebagai lokasi wisata, aplikasi tersebut menunjang pelayanan kepada pengunjung untuk sektor wisata. Meski usianya sudah 200 tahun, Kebun Raya Bogor akan mengikuti perkembangan zaman, melalui aplikasi jelalah tersebut.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Peta navigasi pada aplikasi, memudahkan pengunjung untuk menjelajahi Kebun Raya Bogor, mengetahui sejarah, informasi serta lokasinya. Memudahkan pengunjung untuk mencapai lokasi, tanpa kebingungan harus menyusuri jalan mana saja. Aplikasi Jelajah Kebun Raya Bogor juga akan ditambah fitur-fitur baru, seperti tugu dua abad kebun raya, informasi fasilitas umum seperti restoran, toilet, dan tempat shalat. Termasuk juga layanan keluhan dari pengunjung.


Sumber: antaranews.com | citypost.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini