Pertama di Indonesia, Nusa Dua Hadirkan Kubah Bioskop Raksasa

Pertama di Indonesia, Nusa Dua Hadirkan Kubah Bioskop Raksasa
info gambar utama

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) siap menghadirkan kubah raksasa yang bertempat di Pulau Peninsula, Nusa Dua. Rencananya kubah multifungsi yang dapat menjadi bioskop 360 derajat, ruang serba guna, dan atraksi wisata ini akan dibuka Desember 2017.

"Kubah ini di Indonesia belum ada, ini juga bisa menjadi ajang pariwisata Indonesia yang pintunya di Bali," kata Wakil Direktur Utama ITDC Jatmiko K Santosa pada Kompas.

Lewat kubah ini, Jatmiko berharap dapat menjadi atraksi wisata di Bali dan Indonesia yang ditayangkan di dalam kubah.

Salah satu proyek Oracle Projects Internasional di Uni Emirat Arab. Nantinya kubah serupa akan hadir di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Bali. Foto: Oracle Project International
info gambar

Kubah dengan dengan tinggi 21 meter dan diameter 42 meter merupakan kerja sama ITDC dengan Oracle Project International dari Kanada. Oracle Project International adalah vendor yang menggabungkan atraksi teknologi dengan konten.

Beberapa proyeknya yang terkenal adalah kubah raksasa di China, air mancur yang dilengkapi layar di Suntec, Singapura, dan instalasi laser di Sydney, Australia.

Sebagai gambaran kubah raksasa yang akan hadir di ITDC ini berbentuk setengah lingkaran dan dapat memuat 1.200 orang di dalamnya.

Pemetaan bioskop kubah. Foto: Oracle Project International
info gambar

Sebagai bagian dari pilot project untuk proyek kubah yang lebih besar, bioskop kubah mini berukuran berdiameter 8 meter dengan tinggi 5 meter dijajal di ajang Nusa Dua Fiesta yang berlangsung di Pulau Peninsula hingga Minggu, 15 Oktober 2017.

Di dome tersebut, Anda bisa menikmati pengalaman menonton secara 360 derajat. Efeknya mirip jika menonton virtual reality, tetapi tanpa kaca mata khusus seperti biasa. Posisi menonton bukan duduk manis di kursi, tetapi berbaring santai di antara kumpulan bean bag yang tersedia.

"Kubah ini akan menjadi generasi baru bioskop di dunia. Kita juga membawa misi untuk memadukan budaya dan teknologi bersama-sama lewat proyek ini. Kami menyebutnya 360 immersive cinema. Ini bakal menjadi yang pertama di dunia," kata Chris Sifton Managing Director Oracle Project International pada Liputan 6.

Kubah untuk Nike Los Fearless di Hollywood. Foto: Oracle Project International
info gambar

Kubah tersebut dapat berfungsi menjadi layar penuh, 360 derajat di bagian dalam maupun luar kubah. Selain bioskop kubah ini juga dapat menjadi perhelatan komersial dan privat.

Kubah yang berukuran lebih kecil hadir di Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta yang diselenggarakan 11-15 Oktober 2017 untuk memperkenalkan kepada para pengunjung.

Jatmiko menyebutkan rencananya kubah semi permanen ini akan bertahan selama tiga tahun ke depan. Karena biaya teknis yang cukup tinggi, maka kubah raksasa akan menjadi atraksi berbayar.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini