Digitalisasi Di Indonesia Kini Juga Merambah Ke Dana Pensiun

Digitalisasi Di Indonesia Kini Juga Merambah Ke Dana Pensiun
info gambar utama
Peningkatan kualitas pelayanan melalui digitalisasi saat ini dilakukan diberbagai sektor. Tidak terkecuali dengan digitalisasi pelayanan pembayaran dana pensiun hasil kerjasama Telkom Indonesia dengan Taspen. Digitalisasi pelayanan ini diharapkan akan meningkatkan pelayanan sekaligus mampu saling memberi keuntungan.

Seperti diberitakan ANTARA (17/10) kesepatakan Telkom dengan Taspen ditandatangani di Jakarta oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia, Dian Rachmawan dan Direktur Umum Taspen, Bagus Rumbogo. Dian mengungkapkan bahwa pihaknya mengapresiasi kepercayaan Taspen sebagai penyedia layanan digitalitalisasi dana pensiun untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada para pensiunan di Indonesia.

"Telkom Group siap mendukung digitalisasi Taspen dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang khususnyanya layanan pembayaran pensiun. Sehingga para pensiunan dapat menikmati kemudahan proses pembayaran yang terintegrasi," jelas Dian.

Dari pihak Taspen, Direktur Utama Taspen, Iqbal Latanro mengungkapkan bahwa dengan pengembangan dan implementasi teknologi digital, pelayanan pembayaran pensiun di Taspen akan mampu memperoleh data pensiunan yang valid. Metode ini dapat dilakukan dengan penerapan Taspen Smartcard dan pengembangan sistem elektronik baru untuk data pembayaran berupa e-New Dapem. Untuk itu, Telkom menyediakan peralatan-peralatan pendukung seperti kamera, laptop, scanner perekam wajah, sidik jari dan perekam suara. Hingga sistem otentifikasi data untuk mengetahui status hidup pensiunan.

Taspen Smartcard sendiri berfungsi sebagai Kartu Identitas Pensiun berdasarkan data biometrik. Kartu ini juga akan berfungsi sebagai kartu ATM dan debit yang dapat dikembangkan sebagai kartu dengan berbagai manfaat tambahan. Seperti untuk potongan harga/diskon di beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan Taspen.

Digitalisasi Taspen oleh Telkom tidak hanya terbatas pada pelayanan pensiunan lewat smartcard tetapi juga melalui digital culture transformation, customer experience, dan juga digital improvement. Oleh sebab itu Telkom juga menyiapkan berbagai solusi digital bagi Taspen berupa aplikasi berbasis situs dan jaringan sehingga data dapat diakses secararealtime dari kantor-kantor cabang Taspen maupun saat diakses oleh mitra-mitra Taspen, dan juga data center untuk keperluan penyimpanan data.

"Sinergi dengan TelkomGroup, Taspen mampu memberikan layanan terbaik yang melebihi harapan peserta dan meningkatkan kinerja dan efisiensi perusahaan," kata Iqbal.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini