Ini Dia Lokasi Menyelam di Raja Ampat untuk Pemula

Ini Dia Lokasi Menyelam di Raja Ampat untuk Pemula
info gambar utama

Bagi para penyuka selam (diving), Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat menjadi salah satu daerah yang wajib didatangi. Ada lebih dari 76 spot diving, yang bisa dinikmati dengan berbagai karakteristiknya.

Di samping lautnya yang indah, Raja Ampat juga dikenal memiliki arus laut yang cukup deras. Sehingga penyelam sangat perlu memperhatikan lokasi juga cuaca yang sering berubah-ubah.

Salah satu senior guide Raja Ampat, yang juga pernah menjadi bagian dari Conservation International (CI) selama 17 tahun, Husen mengatakan ada beberapa titik selam yang bersahabat bagi pemula.

"Biasanya titik tersebut digunakan juga untuk mengajari wisatawan yang belum berlisensi selam," ujar Husen kepada KompasTravel, di Waiwo Dive Center, Raja Ampat.

1. Arborek

Arborek. Foto: Merapi Tour and Travel
info gambar

Salah satu pulau terbaik bawah lautnya ini memiliki cirikhas school fish yang banyak. Tak heran wisatawan asing maupun lokal memilih pulau ini menjadi destinasi wajib Raja Ampat.

Untuk penyelam pemula, pulau ini memiliki sebagian kecil lokasi yang aman untuk belajar. Karena memiliki kedalaman yang bertahap dan relatif aman dari arus besar.

"Karena di situ masih kita bisa turun bertahap dua, tiga, empat meter sampai 15 meter yang untuk belajar. Tapi hanya beberapa dive center yang bisa (mengajarkan)," kata Husen.

2. Yenbuba

Yenbuba. Foto: Flickr/Renny Puspita2013
info gambar

Di Kampung Yenbuba yang termasuk dalam Distrik Meos Mansar, Pulau Mansuar, Kabupaten Raja Ampat ini juga menjadi salah satu titik selam favorit. Lautnya yang jernih dan ikannya yang beragam menjadi keunggulannya.

Sumber: Kompas.com

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini