Dunia Mengenal Wisata Bahari Pulau Terdepan Indonesia Melalui Sail Sabang

Dunia Mengenal Wisata Bahari Pulau Terdepan Indonesia Melalui Sail Sabang

Sail Sabang 2017 © bengkuluekspress.com

Pulau Weh di Sabang, Aceh, akan menjadi pusat penyelenggaraan acara Sail Sabang 2017 pada 28 November sampai 5 Desember mendatang. Dengan tema 'Sabang menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia’. Sail Sabang merupakan kolaborasi antara dua sail yakni Indonesia Sail dan Wonderful Indonesia Sail.

Guna menyukseskan, empat kementerian pun terlibat langsung dalam event berskala internasional ini, yaitu Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dinaungi langsung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Keempatnya berintergrasi untuk mempromosikan Sabang sebagai wisata bahari kelas dunia, serta mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Sabang sebagai kepulauan terdepan di Indonesia.

Lokasi penyelenggaraannya akan berada di empat titik, yaitu; Teluk Sabang, Sabang Fair, Gapang Resort, dan Titik 0 Km. Sedangkan puncak acara dijadwalkan akan dinuka oleh Presiden Joko Widodo dan berlangsung di Pasiran, Teluk Sabang, yang akan dihadiri oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. Lokasi itu juga rencananya akan dijadikan pelabuhan kargo.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Pulau Weh Sabang Aceh (© 1695910315.rsc.cdn77.org)

Pada acara pembukaan (opening ceremony) Sail Sabang 2017 akan menampilkan tarian kolosal Laksamana Malahayati; toll ship parade (melayarkan KRI Bima Suci dari Spanyol dan mengundang tall ship atau kapal dengan layar tinggi dari negara-negara yang dilewati seperti India, Malaysia, Thailand, dan Singapura); diikuti Kapal Pemuda Nusantara, kapal riset Baruna Jaya IV dan Baruna Jaya VIII, konvoi 100 kapal yacht peserta Sail Sabang 2017 dari Langkawi, Phuket, Singapura, Australia, Eropa, dan parade kapal nelayan tradisional.

Selain itu, akan digelar juga sejumlah kegiatan sebagai supporting event antara lain Jambore Iptek, International Freediving Competition, Sabang Underwater Contest, Sabang Carnival, Aceh Culinary and Coffee Festival, Sabang Wonderful Expo and Marine Expo, Sales Mission Cruise Operator and Yacht, juga Seminar Wisata Bahari.

Kegiatan-kegiatan lain yang kalah menarik adalah Pentas Pesona Indonesia, lomba memancing, lomba video dan foto melalui drone, Welcome Dinner, City Tour Banda Aceh, dan bakti sosial serta bersih pantai.

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Aceh (Pemprov Aceh) mengupayakan persiapan amenitas dan aksesibilitas sebaik mungkin. Dibantu oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pemprov Aceh akan menyiapkan lokasi puncak, menata Pantai Gapang, serta menyediakan lahan parkir dan fasilitas air minum secara maksimal. Sementara itu, bersama Kementerian Perhubungan, Aceh akan meningkatkan frekuensi sarana transportasi udara, dipersiapkan penerbangan ke Bandara Sabang, dan transportasi laut antara lain dengan menambah kapal penyeberangan berupa tiga kapal cepat, perjalanan per hari dengan jumlah 2.400 penumpang serta kapal ferry lambat untuk mengangkut logistik.

Dalam Sail Sabang 2017, semua peserta akan diajak mengarungi spot-spot eksotis dari Teluk Sabang, Pantai Iboih dan Gapang hingga Pulau Rondo dan kota Banda Aceh di Pulau Sumatera. Kebanyakan peserta akan masuk ke Sabang dari Langkawi (Malaysia) dan Phuket (Thailand).

Pemerintah telah menetapkan agenda wisata tahunan Sail Indonesia ini. Semakin lama, harus semakin bagus dari segi kualitas, perencanaan, dampak dan manfaatnya terutama segi percepatan ekonomi dan infrastruktur.


Sumber: cnnindonesia.com | pesona.indonesia.travel

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau100%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Mengejutkan! Ternyata Ini Peringkat Jumlah Startup Indonesia di Dunia Sebelummnya

Mengejutkan! Ternyata Ini Peringkat Jumlah Startup Indonesia di Dunia

Ternyata Orang Perancis Suka Makanan Indonesia Selanjutnya

Ternyata Orang Perancis Suka Makanan Indonesia

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.