Hebat, Bahasa Indonesia Semakin Diminati Di Finlandia

Hebat, Bahasa Indonesia Semakin Diminati Di Finlandia

Bangga Berbahasa Indonesia © ubaya.ac.id

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Hingga saat ini pelajaran bahasa Indonesia makin diminati di Finlandia. Sebanyak 16 orang yang terdiri atas mahasiswa dan staf universitas mengikuti kelas bahasa Indonesia yang diadakan oleh University of Turku (UTU) salah satu universitas ternama di Finlandia.

Menurut Pensosbud KBRI Finlandia Rizki Kusumastuti kepada Antara, peserta yang mengikuti kelas bahasa Indonesia memiliki latar belakang pendidikan berbeda-beda seperti dosen, peneliti, staf internasional, dan konsultan lingkungan hidup. Mereka sangat antusias mengikuti program kelas tersebut.

Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama dengan KBRI Finlandia dan UTU untuk membuka kelas Bahasa Indonesia for Beginners. Program yang baru pertama kali dilaksanakan di UTU ini berlangsung selama bulan September-Desember.

Dikatakannya berbagai upaya ditempuh Indonesia untuk menjalin kerjasama antarnegara secara bilateral maupun multilateral. Salah satunya melalui diplomasi kebahasaan dalam bentuk kerjasama pengajaran Bahasa dan budaya Indonesia.

Pengajaran Bahasa dan budaya Indonesia melalui program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) menjadi jembatan strategis untuk memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia. Terlebih saat ini, keinginan untuk mengenal bahasa dan budaya Indonesia juga banyak datang dari beberapa negara di dunia.

Dalam rangka mewujudkan diplomasi kebahasaan, PPSDK, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, dan kemendikbud menjalankan program pengiriman tenaga pengajar BIPA ke beberapa negara di dunia. Salah satu negara yang menjadi sasaran pengiriman tenaga pengajar BIPA tersebut adalah Finlandia.

Materi yang diberikan terkait dengan materi bahasa antara lain kalimat dasar sederhana untuk bertanya dan menjawab pertanyaan, memperkenalkan diri sendiri dan orang lain, serta berkomunikasi dengan sederhana untuk menanyakan arah dan lokasi. Sedangkan materi budaya di antaranya memainkan alat musik tradisional, tari tradisonal, dan musik Indonesia.

Salah satu peserta program bernama Eve Mikonen menuturkan bahwa program ini sangat bermanfaat baik bagi mahasiswa maupun staf universitas. Melalui program ini mereka memperoleh kesempatan untuk mempelajari bahasa dan budaya Asia lainnya dengan mudah. Bahasa Indonesia menurutnya merupakan bahasa yang penting untuk dipelajari karena jumlah penutur yang sudah mencapai di atas 200 juta orang.

Selain itu, program ini juga sangat penting bagi Indonesia dan Finlandia, terkait hubungan kerjasama dalam bidang pendidikan seperti join research yang dilaksanakan oleh UTU. UTU mendukung dan memfasilitasi program agar dapat berjalan lancar tanpa kendala apapun. Baik pihak universitas maupun peserta mengharapkan program ini dapat dilanjutkan dan terus dikembangkan agar kerjasama yang terjalin dapat memberikan manfaat bagi hubungan diplomatik Indonesia-Finlandia.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Lebih Dari 100 Brand Lokal Seluruh Indonesia Berkumpul di simPATI KickFest XI Sebelummnya

Lebih Dari 100 Brand Lokal Seluruh Indonesia Berkumpul di simPATI KickFest XI

Sudah Banyak Orang yang Booking Travel di 2021, Kemana Mereka Akan Pergi? Selanjutnya

Sudah Banyak Orang yang Booking Travel di 2021, Kemana Mereka Akan Pergi?

Andari Widanto Fitria Aisyah
@pipit09

Andari Widanto Fitria Aisyah

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.