Wow Ternyata Potensi Laut Indonesia Bernilai 17 Ribu Triliun Rupiah

Wow Ternyata Potensi Laut Indonesia Bernilai 17 Ribu Triliun Rupiah
info gambar utama
Luas wilayah laut Indonesia yang mencapai 96.079,15 km persegi merupakan kekayaan yang harus bisa dimanfaatkan dengan baik bagi rakyat Indonesia. Selain harus terjaga dari penjarahan nelayan asing, wilayah lautan Indonesia juga harus tetap lestari sebab nilai ekonomi yang tersimpan di lautan Indonesia mencapai 17.550 triliun rupiah.

Sebagaimana diberitakan detikFinance (18/10) Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan betapa luasnya wilayah Indonesia. "Indonesia itu 79% laut, terdapat 17.508 pulau, dan jumlah penduduknya 260 juta, tanpa kita sadari dari Sabang sampai Merauke itu butuh 8 jam terbang pakai pesawat, jadi bagaimana luasnya negara kita," ungkap Luhut

Ia menjelaskan bahwa sebenarnya potensi sektor kemaritiman di Indonesia bisa mencapai US$ 1,3 triliun. Namun saat ini baru dimanfaatkan sebesar 8%-9% nya saja. Dengan potensi ekonomi sebesar itu menurut Luhut dapat membawa Indonesia untuk menjadi negara dengan nilai ekonomi terbesar kelima di dunia pada tahun 2030. Hal terpenting untuk mencapai impian itu adalah, manajemen dan kemauan untuk meningkatkan pemanfaatan potensi laut.

"Saya habis kembali dari Washington dan mereka mengapresiasi perekonomian Indonesia. Mereka kemarin di DC bilang kalau Indonesia merupakan negara harapan," ujarnya.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini