Hanya Bisa Ditemukan di Papua, Anggrek Hitam yang sangat Langka

Hanya Bisa Ditemukan di Papua, Anggrek Hitam yang sangat Langka
info gambar utama

Kita patut bersyukur dan berbangga, bahwa negeri kita Indonesia mempunyai kekayaan flora yang luar biasa. Inilah negeri dengan keragaman dan kekayaan alam yang telah lama menjadi buah bibir dunia. Salah satunya adalah kekayaan kita akan keragaman bunga anggrek.

Anggrek Indonesia terkenal hingga ke seluruh dunia. Salah satu yang paling terkenal adalah anggrek hitam (Coelogyne pandurata). Anggrek hitam Kalimantan sudah lama dikenal dunia, namun ternyata Indonesia juga punya anggrek hitam lain yang tak kalah langka, yakni anggrek hitam Papua.

Dan memang, di Indonesia anggrek hitam hanya dapat ditemukan di Provinsi Kalimantan Timur dan Papua. Tentu saja keduanya mempunyai perbedaan yang cukup mencolok, meski sama sama berwarna hitam.

Anggrek Hitam Kalimantan Coelogyne pandurata | wikipedia
Anggrek Hitam Kalimantan Coelogyne pandurata | wikipedia

Anggrek hitam kalimantan memiliki helai bunga yang dihiasi warna hijau, dan ada pula yang warna bunganya hitam pekat secara keseluruhan. Sementara anggrek hitam Papua ada putik bunga berwarna cerah, kadang merah, ungu, dan putih. Perpaduan warna ini menghasilkan warna yang elegan dan indah. Apalagi, kelopak bunganya, baik bagian luar dan dalamnya berwarna hitam kelam secara merata.

Anggrek Hitam Papua | media.viva.id
info gambar

Melihatnya, konon memberikan kesan tersendiri. Anggun, elegan, dan kuat. Bunganya pun mengeluarkan aroma yang khas. Unik.

Pulau Papua memang merupakan kawasan di Indonesia yang keragaman hayatinya paling kompleks dan kaya. Anggrek Papua diketahui adalah tumbuhan endemik di Papua dan diyakini tidak bisa ditemukan di tempat lain. Selain itu, anggrek hitam Papua ini sungguh sangat susah untuk dibiakkan. Untuk bisa menghasilkan bibit ia harus ditempatkan dalam kondisi dan lingkungan seperti habitat aslinya. Jauh di pedalaman hutan Papua. Bahkan meskipun sudah ditempatkan sedemikian rupa, kemungkinan berhasilnya hanya 20-30 % saja.

Anggrek Hitam Papua | Jenistanaman.com
info gambar

Memang, anggrek berwarna hitam bukan hanya Anggrek Papua. Namun, untuk ciri khusus yang dimiliki si anggrek Papua, dipastikan tidak ada yang menyamainya. Inilah jenis anggrek hitam satu-satunya di dunia, dengan ciri khas yang berbeda.

Indonesia harus melindungi, dan melestarikan kekayaan ini. Salam lestari

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini