Keindahan Nusa tenggara timur memang tidak perlu diragukan lagi. mulai dari budaya dan adat istiadatnya yang adiluhung, hingga pesona keindahan alamnya yang luar biasa. terutama pantainya. Banyak sekali pantai-pantai indah yang ada di Nusa Tenggara Timur. berikut adalah sepuluh pantai yang wajib kalian datangi, ketika mengunjungi Nusa Tenggara Timur. Tentu tidak hanya 10 ini saja, masih banyak beberapa pantai lainnya yang tidak kalah indahnya. Mungkin di lain kesempatan akan saya ceritakan kembali. 

 1. Pantai Koka-sikka

Pantai ini berada di desa wolowiru, kecamatan paga, kabupaten sikka, Flores, Nusa tenggara timur. Tak perlu berlebihan untuk menyebut pantai ini sebagai surga tersembunyi di Nusa Tenggara Timur.  siapapun yang berada di pantai ini pasti akan betah berlama-lama dan bahkan tak ingin pulang. Pesona alam di pantai ini benar-benar Aduhai. Air laut di pantai koka berwarna biru tosca dan sangat bening, sedangkan pasirnya berwarna putih dan sangat lembut. Perfect. pemandangan biru air laut dipadu dengan pemandangan hijau perbukitan. Benar-benar kombinasi yang akan membuat siapapun lupa diri. Datanglah kesini dan rasakan sensasi yang belum pernah kamu dapatkan dari pantai-pantai lain yang pernah kamu kunjungi. 

keindahannya bikin kamu lupa diri. Pantai koka-kabupaten sikka.
keindahannya bikin kamu lupa diri. Pantai koka-kabupaten sikka.

2. Pantai Rutong-Flores

Pantai ini berada di taman wisata laut, Riung 17 pulau.  Naiklah ke sebuah bukit yang tak jauh dari pantai. Pemandangan dari atas bukit itu luar biasa.  Tapi kalau tidak mau naik keatas, cukup berleyeh-leyeh di pantai pasir putihnya saja, saya jamin pasti malas pulang 😂.

pantai ini berada di pulau rutong Flores
pantai ini berada di pulau rutong Flores

3. Pantai Pulau Bidadari- Pulau bidadari 

Pulau bidadari ini letaknya tidak jauh dari labuan Bajo. Jadi sebenarnya aksesnya gampang sekali. tidak sampai satu jam perjalanan dengan menggunakan perahu yang dapat di sewa dari nelayan. Setempat, kita sudah bisa menikmati pantai bersih dan sunyi. bentangan pantai pasir putih yang anggun, membuat Anda betah berlama-lama Dipantai ini. bagi penggila snorkeling, pantai ini mempunyai pesona underwater yang luar biasa. Mulai dari softcoral warna-warni hingga ikan-ikan kecil yang lucu sekali.

pantai yang indah ini berada di pulau bidadari yang letaknya tidak jauh dari labuan bajo.
pantai yang indah ini berada di pulau bidadari yang letaknya tidak jauh dari labuan bajo

4. Pantai Mandorak.

Pantai ini adanya di Kodi, Sumba Bagian Barat. Untuk mencapainya bisa Waitabula mengarah ke Kodi. Tidak ada petunjuk jelas untuk mencapainya.  Check Point nya adalah Lagoon Waekuri. Sebelum Waekuri ada jalan kecil yang banyak di tumbuhi ilalang.  rajin-rajinlah bertanya kepada penduduk lokal yang ditemui.  Pantainya sendiri indah, tapi bukan tipikal yang bisa direnangi.  Ombak-ombak di pantai cukup besar,  kadang datang secara tiba-tiba.  Cobalah naik ke batu-batu karangnya.  karena view pantai Mandorak dari atas batu karang itu sungguh luar biasa. 

pantai Mandorak di Sumba ini indah sekali kawan.
pantai Mandorak di Sumba ini indah sekali kawan.

5. Pantai Mekko 

Pantai ini sejatinya adalah gosong pasir ya g terlihat kecil ketika air sedang pasang. Tapi keindahannya memikat hati saya ketika mengunjunginya. Letaknya ada di pulau Adonara. Adonara sendiri adalah pulau kecil disebelahnya Larantuka di Flores Timur. Ada kapal penduduk reguler menuju Adonara.  Nama Mekko sendiri adalah nama kampung yang letaknya tidak jauh dari pulau kecil ini. 

dijamin puas kesini, bagai pulau pribadi. tepat di depan desa mekko - Adonara
dijamin puas kesini, bagai pulau pribadi. tepat di depan desa mekko - Adonara

6.  Pantai  Kepa

Kepa adalah Pulau kecil nan indah. Letaknya disebelah Alor kecil. Hanya membutuhkan waktu sekitar 20menit dari pulau Alor menuju pulau kepa. dipulau ini sudah ada penginapan dan dive centernya.  jadi jangan khawatir kalau mau berkunjung kesini.  snorkeling di depan penginapan saja ikan-ikannya sudah banyak sekali.  dan bagi kalian penggila diving, Alor lah rumah kalian. pantai dipulau Kepa juga cenderung landai. yang bakalan bikin kalian mupeng adalah airnya jernih banget. Nyemplung yuk !! 😂

pantai ini ada di pulau kecil yang bernama kepa. Indah kan pemandangannya.
pantai ini ada di pulau kecil yang bernama kepa. Indah kan pemandangannya.

 

7. Pantai Ndana

Pantai Ndana berada disebuah pulau kecil yang letaknya di ujung Selatan Nusantara. Nama Ndana sendiri sejatinya juga nama pulau tersebut. Pulau ini tidak berpenghuni. Hanya ada dua pos jaga dari Angkatan darat dan Angkatan laut. Yang menarik dari pulau ndana adalah savananya yang indah. Senja di pulau ini juga sangat syahdu. Nah kalau ngomongin pantainya, silahkan liat sendiri. Sebagai penggila pantai, bisa dibilang saya mengalami puncak kenikmatan saat melihat pantai ini. menuju pulau ini harus kepulauan Rote terlebih dahulu. Nah Nyeberangnya data ke desa oeseli untuk nyari perahu nelayan yang bisa mengantarkan kesana.  jangan lupa untuk melapor terlebih dahulu ke pos marinir yang ada di desa oeseli. 

pantai pulau ndana-Rote
pantai pulau ndana-Rote

8. Pantai Kolbano

Bagi pencinta pantai dengan pasir putih nan lembut, Kolbano pasti tidak masuk kriteria. Tapi buat saya, Kolbano sangat spesial. Kenapa Kolbano sangat spesial, karena letaknya mudah dijangkau. Dan yang menjadi unik dari pantai ini adalah bebatuan di sepanjang pantai yang warna-warni. Letaknya tidak jauh dari ibukota Nusa Tenggara Timur di kupang, silahkan menyempatkan diri mampir kesini.

pantai Kolbano ini letaknya tidak terlalu jauh dari kupang.
pantai Kolbano ini letaknya tidak terlalu jauh dari kupang.

 

9. Pantai Padar

 Pulau Padar adalah salah satu dari 3 pulau yang ada di Taman Nasional Komodo. Letaknya juga tidak terlalu jauh dari pulau komodo.  pantai ini dulunya jarang didatangi orang. Namun akhir-akhir ini mulai banyak dikenal orang. Setelah foto-foto keindahannya tersebar di ranah sosial media. untuk mencapai pantai ini kita harus menyewah kapal dari labuan bajo. saran saya, naiklah keatas bukitnya. Disanalah letak rahasia keindahan dari pantai ini.

pulau padar ini pantai-pantaipantai-pantainya sadis sekali indahnya.
pulau padar ini pantai-pantaipantai-pantainya sadis sekali indahnya.

 

10. Pantai Pink Komodo

Pantai yang letaknya masih berada di kawasan pulau komodo ini sudah terkenal sekali. bentuknya menyerupai teluk kecil yang landai. jadi ombaknya juga tidak terlalu besar. Daya tarik dari pulau ini adalah warna Pink di pasir pantainya. Warna itu sendiri  sejatinya adalah pecahan-pecahan coral merah yang terbawah ombak dan menyatu dengan pasir pantai.  pantai Pink ini bukan satu-satunya yang ada di Indonesia, bahkan dunia. Tapi yang selalu saya suka dari pantai ini adalah, Soft coraknya yang gemuk-gemuk dan sehat 😹😂. 

Datanglah tepat waktu agar pantainya benar-benar terlihat pink!
Datanglah tepat waktu agar pantainya benar-benar terlihat pink!

 

Jadi tunggu apalagi, buruan packing dan jelajahi pantai-pantai indah itu. masih banyak sebenarnya pantai-pantai indah di Nusa Tenggara Timur ini. Untuk menentukan 10 ini saja rasanya saya dibuat pusing tujuh keliling. Tapi setidaknya 10 ini dululah yang wajib kalian datangi ketika sedang berada di Nusa Tenggara Timur. 

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu