Seluruh Indonesia Bakal Terkoneksi Internet Cepat, Kapan? Ini Jawabannya

Seluruh Indonesia Bakal Terkoneksi Internet Cepat, Kapan? Ini Jawabannya

© videoblocks.com

Kebutuhan internet di Indonesia semakin meningkat dan diprediksi akan meluas hingga ke seluruh Nusantara. Namun pertanyaannya kapankah seluruh Indonesia bisa menikmati koneksi internet? Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pun menjawab bahwa seluruh Indonesia akan terjangkau dan terkoneksi dengan internet berkecepatan tinggi sebelum tahun 2024.

ANTARA memberitakan (15/11) bahwa saat ini Indonesia sedang membangun satelit Palapa Ring yang pada akhir tahun 2018 atau awal tahun 2019 sudah siap diorbitkan. "Ini satelit internet berkecepatan tinggi, bukan satelit komunikasi," ujar Rudiantara.

Meskipun satelit Palapa Ring sedang dikerjakan, penataan jaringan internet berkecepatan tinggi di seluruh wilayah Indonesia dilakukan. Sehingga saat Satelit Palapa Ring mengorbit nantinya, Rudiantara memastikan seluruh wilayah Indonesia akan terakses internet berkecepatan tinggi.

Kementerian Kominfo sendiri saat ini tengah menyiapkan infrastruktur internet berkecepatan tinggi di wilayah 3T yakni daerah tertinggal, terdepan dan terluar di Indonesia. "Kita sewa dulu satelitnya agar terkoneksi pada infrastruktur internet berkecepatan tinggi yang saat ini telah mulai dibangun di wilayah 3T. Nanti akan kita pindahkan kalau Satelit Palapa Ring sudah mengorbit," ungkap Rudiantara.

Pembangunan internet berkecepatan tinggi saat ini diprioritaskan untuk sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Sampai saat ini terdapat kurang lebih 324 ribu sekolah termasuk madrasah di Indonesia. 100 ribu diantaranya diklaim telah terkoneksi internet. "Semuanya nanti harus dapat mengakses internet berkecepatan tinggi untuk proses belajar mengajar," jelas Rudiantara.

Secara bertahap sebelum tahun 2024, infrastruktur internet berkecepatan tinggi juga akan dibangun di seluruh fasilitas krusial di Indonesia. Seperti 10 ribu puskesmas, polsek, polres, koramil, kodim, desa dan kelurahan yang seluruhnya bisa mencapai 75 ribu titik di seluruh Indonesia.

"Tetap yang kami prioritaskan terlebih dahulu untuk mendapatkan akses internet berkecepatan tinggi saat ini adalah sekolah-sekolah di seluruh wilayah Indonesia," ucapnya.

Pilih BanggaBangga32%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang63%
Pilih Tak PeduliTak Peduli5%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Hore ! Tiga Orang Utan Akan Dilepasliarkan ke Habitatnya Sebelummnya

Hore ! Tiga Orang Utan Akan Dilepasliarkan ke Habitatnya

Lagu "Move" Milik Niki Zefanya Dipakai Apple Saat Peluncuran Jam Pintar Barunya Selanjutnya

Lagu "Move" Milik Niki Zefanya Dipakai Apple Saat Peluncuran Jam Pintar Barunya

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.