Apa Hubungannya AirAsia dan Brand Indonesia, Damn I Love Indonesia ya?

Apa Hubungannya AirAsia dan Brand Indonesia, Damn I Love Indonesia ya?
info gambar utama

Mendekati peringatan hari jadi Association of Southeast Asian Nation ke 50 tahun AirAsia meluncurkan program AirAsia Loves ASEAN. Hmmm terdengar familiar yaa?

“Saya tertarik, dan saya langsung jatuh cinta,” Ungkap Tony Fernandes, jutawan pemilik maskapai penerbangan AirAsia ini. Ungkapan tersebut ditujukan Tony terhadap brand lokal asal Indonesia milik Daniel Mananta yang dikenal sebagai ‘Damn, I Love Indonesia’.

Damn, I Love Indonesia logo | Pinterest
info gambar

Damn, I Love Indonesia memiliki filosofi nama yang unik. Ternyata Damn yang tertera pada brand tersebut merupakan singkatan dari Daniel Mananta founder dan owner dari brand tersebut. Atas kecintaan Daniel pada Indonesia, maka ditambahkanlah kalimat I Love Indonesia. Daniel Mananta memiliki keinginan untuk anak muda Indonesia bisa mencintai dan bangga dengan budaya negaranya sendiri. Selain itu Daniel juga ingin turis asing yang juga menggunakan produknya bisa ikut mencintai budaya Indonesia melalui produknya.

Ambisi Daniel Mananta selaku founder dan owner Damn, I Love Indonesia tercapai. Brand lokal tersebut membuat Tony Fernandes jatuh cinta kepada tagline tersebut dan ingin menerapkannya di salah satu pesawat AirAsia miliknya. Kemudian untuk memperingati 50 tahun hari jadi ASEAN tersebut digunakan Tony sebagai momentum untuk melakukan kerja sama dengan brand lokal Indonesia tersebut untuk meluncurkan program tersebut. Tulisan ‘I Love ASEAN’ pun menghiasi badan airbus, jenis pesawat yang digunakan oleh AirAsia untuk menerbangkan konsumennya.

AirAsia Loves ASEAN | CNN Indonesia
info gambar

Secara umum, Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang menginspirasi AirAsia. "ASEAN memiliki budaya yang luar biasa. AirAsia ingin menghubungkan ASEAN, membuat masyarakat ASEAN jadi lebih dekat. Kita mengambil brand Indonesia yang menarik ini," kata CEO Grup AirAsia tersebut.

Budaya yang dimiliki ASEAN tercermin melalui badan pesawat AirAsia yang terinspirasi dari tekstil, arsitektur, seni, dan alam dari 10 negara anggota ASEAN. Kain Ulos asal Batak Indonesia merupakan salah satu desain motif yang terpampang di badan pesawat Airasia.


Sumber: CNN Indonesia, Finansial.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini