Bandara-Bandara di Indonesia Semakin Digital

Bandara-Bandara di Indonesia Semakin Digital
info gambar utama
Bandara saat ini merupakan salah satu infrastruktur transportasi yang begitu populer di kalangan masyarakat. Berbagai bandara di Indonesia bermunculan dan saat ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan bandara PT Angkasa Pura II akan lebih banyak menerapkan teknologi digital.
Sebagaimana diberitakan ANTARA (13/11) Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menjelaskan bahwa penerapan teknologi digital merupakan bagian dari infrastruktur lunak yang melengkapi infrastruktur keras dalam pelayanan untuk penumpang. "Mulai akhir 2016 sampai 2017 kami mendorong soft infrastructure (infrastruktur lunak) bandara karena yang hard (keras) juga harus dilengkapi dengan yang soft. Karena memang eranya sekarang sudah digital," jelas Awaluddin.
Ia kemudian menjelaskan bahwa terdapat tiga syarat utama untuk membangun infrastruktur lunak yakni infrastruktur cerdas (smart infrastructure), konten yang saling terhubung (connected content), dan komunitas digital (digital community). Salah satu contohnya adalah aplikasi Indonesia Airport yang merupakan bagian dari smart infrastructure.
Indonesia Airport merupakan aplikasi mobile yang banyak memberikan informasi tentang bandara dan penerbangan di Indonesia. Bahkan dalam aplikasi yang diluncurkan sejak 20 Mei 2017 tersebut, penumpang juga dapat melakukan check-in secara online.
"Era sekarang sudah biasa informasi bisa diakses dari mana saja. Kalau tidak pakai smart infrastructure tidak mungkin," imbuh Awaluddin.
Berkat pengadaan infrastructure lunak, kini bandara bisa dengan mudah diakses lewat genggaman. Bahkan bandara bisa memberikan pengalaman yang lebih pada para penumpang.
"Penumpang itu tidak butuh embel-embel smart airport karena yang penting tiga free yakni hazzle free (bebas repot), stress free (bebas stres) dan confused free (bebas bingung). Tidak mungkin kami gunakan cara konvensional," katanya.
Berkat teknologi digital seluruh pengalaman tidak menyenangkan di bandara itu tidak lagi dirasakan oleh penumpang. Sehingga penumpang mendapatkan pengalaman yang berkesan saat berada di bandara. Hal ini kemudian terbukti dengan berhasilnya beberapa bandara di Indonesia yang dinobatkan sebagai salah satu bandara terbaik di dunia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini