Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023
info gambar utama

Kabar istimewa bagi Tanah Air di bidang olahraga. Indonesia resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023 bersama Filipina dan Jepang setelah memenangi fase final pencalonan yang digelar di Swiss, Sabtu.

Keterangan resmi yang diterima oleh Kantor berita Antara, Jakarta, Sabtu, Indonesia-Filipina-Jepang mengalahkan kandidat lain yaitu Argentina-Uruguay yang juga mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Indonesia bersama Filipina dan Jepang menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023 (Twitter @FIBAWC)

"Kami telah meninjau kesiapan semua calon tuan rumah dan Indonesia bersama Filipina serta Jepang merupakan perpaduan tepat untuk diberi kesempatan menjadi penyelenggara ajang basket tertinggi di dunia ini," ujar Sekretaris Jenderal Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) Patrick Baumann.

Menjadi sejarah tersendiri bagi Indonesia resmi berhasil menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket. Karena ini menjadi pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah ajang basket terbesar di dunia, dan juga pertama kalinya Piala Dunia FIBA diadakan lebih dari satu negara. Sebelumnya di kejuaraan benua basket FIBA digelar tahun 2014 di Spanyol, tahun 2019 akan di gelar di Tiongkok.

Sekjen FIBA, Patrick Baumann menyatakan terpilihnya Indonesia, Filipina dan Jepang, karena memiliki semangat yang tinggi dalam mempersiapkan diri. Selain itu jumlah penduduk yang lebih 500 juta jiwa (jika digabungkan) yang mayoritas usia muda menjadi daya tarik tersendiri.

"Kita telah meninjau kesiapan semua calon tuan rumah, dan Indonesia bersama Filipina dan Jepang merupakan perpaduan tepat untuk diberi kesempatan menjadi penyelenggara ajang basket tertinggi di dunia ini," jelas Baumann dalam rilis yang diterima oleh para wartawan.

Sumber : Antara, Jawa pos, Liputan6

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini