2018 Merupakan Tahun Indonesia Untuk Turnamen AFF

2018 Merupakan Tahun Indonesia Untuk Turnamen AFF
info gambar utama

Tidak hanya akan menjamu Islandia dalam ajang pertandingan persahabatan Indonesia juga akan menjadi tuan rumah untuk tujuh turnamen sepak bola dan futsal di lingkup ASEAN di bawah AFF. Nama Indonesia akan semakin menjadi sorotan pencinta sepak bola internasional, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Beberapa turnamen itu sudah diketahui bakal digelar di Indonesia, semisal Piala AFF U-18, namun ada pula yang baru jadi keputusan baru. Total, akan ada tujuh turnamen yang diselenggarakan AFF, yang akan digelar di Indonesia sepanjang 2018.

Satu-satunya pertandingan AFF yang tidak digelar di Indonesia hanyalah Piala AFF 2018. Namun, Indonesia tetap akan jadi "tuan rumah" karena Timnas Indonesia tetap akan menjamu lawan dalam sistem kandang dan tandang sejak penyisihan grup hingga jika lolos, partai final.

Situs resmi milik AFF meluncurkan pengumuman pada Kamis (7/12/2017), keputusan Indonesia jadi tuan rumah hampir seluruh agenda sepak bola dan futsal pada 2018 telah dikonfirmasi alias jadi keputusan final dalam pertemuan Dewan AFF ke-13 di Tokyo, bersamaan dengan undangan Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF), Kamis (7/12/2017) pagi - bola.com.

Kejuaraan sepak bola pantai yang akan berlangsung pada Oktober hingga November juga dijadwalkan berlangsung di Indonesia.

Sementara untuk Piala AFF senior pria akan menggunakan format baru seperti yang telah dibicarakan pada pertemuan Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara yang berlangsung di Bali pada September.

AFF Suzuki Cup 2016 | Foto: Football Tribe
AFF Suzuki Cup 2016 | Foto: Football Tribe


Piala AFF 2018 yang rencananya berlangsung 8 November hingga 15 Desember 2018 akan menggunakan sistem kandang dan tandang sejak babak penyisihan, sehingga tidak akan ada lagi sistem tuan rumah.

Sepuluh tim peserta akan dibagi ke dalam dua grup. Lima tim dari tiap grup akan menjalani dua laga kandang dan dua laga tandang. Penentuan kandang dan tandang akan ditentukan melalui undian.

Untuk fase semi final dan final, akan menggunakan format dua leg seperti yang sudah dilakukan sejak 2004.

Berikut ini Daftar Lengkap Turnamen AFF yang akan digelar di Indonesia sepanjang 2018:

1. Piala AFF U-16 Wanita (Juni)

2. Piala AFF Wanita (21 Juni-4 Juli)

3. Piala AFF U-18 (2-14 Juli)

4. Piala AFF U-15 (29 Juli-11 Agustus)

5. Piala AFF Futsal (6-15 September)

6. Piala AFF Futsal Klub (1-10 Mei)

7. Piala AFF Sepak Bola Pantai (tentatif, antara bulan Oktober atau November)


Sumber: Bola.com | CNN Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini