E-commerce Dorong Anak Muda Jadi Pengusaha

E-commerce Dorong Anak Muda Jadi Pengusaha

Tren belanja online yang digandrungi di masa kini © Google Images

Tidak dapat dielakkan bahwa saat ini teknologi semakin berkembang pesat. Sejak memasuki era internet, kehidupan kita menjadi lebih praktis, banyak aktivitas sehari-hari yang dapat dikerjakan dengan memanfaatkan teknologi ini, salah satunya berbelanja. Dulu, ketika akan membeli sebuah barang, perlu untuk mendatangi toko atau mall. Bahkan perlu effort yang tinggi apabila barang tersebut hanya dijual di luar kota. Tetapi semenjak adanya internet, jadi lebih praktis. Kini banyak sekali online platform marketers untuk berbelanja yang ada di Indonesia. Meskipun sebagai e-commerce jual beli barang, masing-masing mempunyai keunggulan seperti promo gratis ongkos kirim, harga yang bisa dinegosiasi, sampai diskon besar-besaran. Tidak hanya itu, beberapa di antaranya juga dapat menjangkau transaksi online dalam sekala worldwide. Adanya wadah yang bagus, tentunya mendorong masyarakat untuk memanfaatkannya, yakni dengan beralih berbelanja secara online. Hanya dengan sekali click, barang yang kita inginkan bisa segera sampai di tangan. Cara pembayarannya pun beragam, melalui kartu kredit, tranfer, atau melalui kasir minimarket.

Beberapa e-commerce menawarkan fitur yang menarik, pembeli tidak hanya sebagai pembeli tapi juga bisa menjualkan barang dalam satu akun. Kecanggihan inilah yang menjadikan mereka sebagai pilihan utama masyarakat dalam pemenuhan kebutuhannya. Tetapi semakin banyaknya online platform untuk berbisnis, semakin luas pula kompetitornya. Karena masing-masing online platform mempunyai keunggulan yang berbeda, contohnya BukaLapak yang mana pembeli dapat melakukan negosiasi harga; atau Tokopedia yang mempunyai banyak promo dengan kode vouchernya; atau Shopee yang mempunyai keunggulan, yaitu gratis ongkos kirim ke pelosok Indonesia; atau Lazada yang mempunyai fitur pembayaran Cash on Delivery (COD); dan yang lainnya. Lalu, pernahkah kamu mendengar e-commerce milik anak Indonesia sendiri?

Beoku merupakan online plaftorm marketers karya anak bangsa yang mendorong masyarakat untuk menjadi pengusaha. Terdengar asing, bukan? Online platform marketers ini memang terbilang baru tapi patut dicoba bagi anak muda karena cocok digunakan untuk merintis usaha. Pelaku usaha di Beoku terbagi menjadi tiga, yaitu vendor, agen, dan pembeli. Vendor merupakan pihak supplier, baik UMKM atau top brand yang menjualkan barang kepada agen. Karena merupakan supplier, harga yang ditawarkan sangat murah. Vendor hanya sebagai penyuplai barang saja dan menjualkannya ke agen. Agen merupakan pihak yang mempunyai hak untuk menjualkan barang dari vendor kepada pelanggan dengan harga yang ditetapkannya sendiri. Harga jual dari agen inilah enjadi kunci bagi anak mudah yang ingin berbisnis. Agen dapat dengan bebas menetapkan harga jual atau dengan kata lain, agen dapat menetapkan sendiri keuntungan yang akan diraih. Meskipun agen menetapkan keuntungan yang banyak, harga jual ke pelanggan tetap terbilang murah dan kompetitif karena agen mendapatkan harga yang juga sangat murah dari supplier, yakni vendor.

Mengapa bisa dikatakan cocok untuk merintis menjadi pengusaha? Selain harga yang kompetitif dan agen dapat mendapatkan penghasilan yang terbilang banyak, seorang agen dapat berbisnis tanpa harus mempunyai modal. Hal ini dikarenakan agen hanya sebagai penjual sedangkan penyuplai barang merupakan vendor sehingga barang yang dibeli oleh pelanggan akan dikirimkan oleh vendor. Tidak hanya sebatas transaksi jual beli saja, sebagai online platform marketers yang berorientasi ke anak muda, Beoku akan senantiasa memberikan ilmu yang bermanfaat mengenai dunia bisnis melalui workshop. Para vendor dan agen dapat sharing bersama dengan pelaku usaha yang ahli di bidangnya. Menarik bukan?

Karya anak bangsa ini telah digunakan oleh ribuan pengguna di seluruh Indonesia. Meskipun tergolong baru, menjadi pebisnis di Beoku cukup menjanjikan karena kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan juga serupa dengan e-commerce lainnya. Sebagai pembeli tentunya dimanjakan dengan beraneka ragam barang yang biasa ditemui di wadah jual beli lainnya seperti Lazada, Shopee, BukaLapak, Tokopedia, dan yang lainnya. Apabila kamu ingin menjadi pengusaha, Beoku patut dicoba.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi100%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Potensi Ekonomi Digital di Asia Tenggara Meroket Hingga Tahun 2025 Sebelummnya

Potensi Ekonomi Digital di Asia Tenggara Meroket Hingga Tahun 2025

Ternyata Orang Perancis Suka Makanan Indonesia Selanjutnya

Ternyata Orang Perancis Suka Makanan Indonesia

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.