Inilah Kampus-kampus Terhijau di Asia Tenggara

Inilah Kampus-kampus Terhijau di Asia Tenggara
info gambar utama

Dilansir dari laman UI GreenMetric World University Rankings untuk tahun 2017, Universitas Indonesia digolongkan sebagai kampus terhijau ke-23 di dunia.

UI Greenetric World University Rankings merupakan ajang bergengsi tentang lingkungan hidup yang digagas Universitas Indonesia untuk skala internasional.

UI memimpin Asia Tenggara dengan diikuti oleh beberapa universitas di Malaysia, Thailand, dan Filipina yang juga masuk di peringkat 100 tertinggi.

Menurut Antara news, diharapkan melalui UI GreenMetric, universitas-universitas di seluruh dunia dapat mengambil peran dalam usaha pencegahan serta pemulihan untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

UI terus berupaya untuk membangun generasi peduli lingkungan yang diharapkan dapat menjadi trendsetter di dunia untuk lingkungan dan keberlanjutan kehidupan.

Perpustakaan UI | Foto: Fatimah Ibtisam/Youthmanual
info gambar
Monumen karya Iriantine Karnaya, Mixed Media, 2007. di Fakultas Ilmu Budaya - Universitas Indonesia | Foto: Muh. Sirojul Munir / flickr
info gambar
Fakultas Teknik UI | Foto: Situs Resmi Universitas Indonesia
info gambar

Diambil dari daftar yang termuat pada laman UI GreenMetric World University Rankings, berikut daftar universitas lain di Asia Tenggara yang digolongkan menurut beberapa variabel yaitu setting & infrastruktur, energi & perubahan iklim, limbah, air, transportasi dan pendidikan.

Universiti Putra Malaysia

Malaysia

Peringkat dunia: 27

Skor: 6420

Kampus UPM | Foto: Mada Hannan
info gambar
Gerbang utama UPM | Foto: Panoramio
info gambar

Chulalongkorn University

THAILAND

Peringkat dunia: 90

Skor: 5754

Universitas Chulalongkorn | Foto: Global Studies Programme Chulalongkorn University
info gambar
Chulalongkorn University dari atas | Foto: cu100
info gambar

De La Salle University – Dasmarinas

Filipina

Peringkat dunia: 94

Skor: 5731

Gedung Teknologi Sains Kompleks DLSU-D | Foto: De La Salle Philippines
info gambar

DLSU Dasmarinas | Foto: Aivi Remulla
info gambar

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau ini. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah peserta UI GreenMetric sebanyak 101 universitas dari tahun 2016. Peserta dari Indonesia, juga meningkat menjadi 58 universitas dan tengah mengupayakan kualitas kampusnya melalui pemenuhan indikator UI GreenMetric.

Pemeringkatan UI GreenMetricof World University Rankings dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni Environment, Economic, dan Equity (3’Es). Beberapa perbaikan pada metodologi dan survei terus dilakukan oleh Tim UI GreenMetric guna menghasilkan pemeringkatan yang komprehensif, salah satunya dengan mengembangkan bobot indikator penilaian yang terdiri dari Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%),Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), dan Pendidikan (18%).

Sumber: seasia.co | Viva

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini