Makassar, Punya Kuliner yang Wajib Dicoba!

Makassar, Punya Kuliner yang Wajib Dicoba!
info gambar utama

Indonesia memang terkenal sangat dengan rempahnya, oleh karena itu tiap daerah pasti memiliki makanan khas-nya. Seperti salah satu kota di Sulawesi Selatan yaitu Makassar yang tidak lain adalah ibukotanya, memiliki beberapa kuliner khas yang wajib dicoba saat kita plesir ke kota ini.

COTO MAKASSAR

Coto Makassar

Ini makanan khas Makassar yang wajib banget kamu coba, apalagi kalau kalau kamu penggemar daging. Coto Makassar berisikan daging dan berbagai macam jeroan seperti usus, jantung, paru, limpa, dan lainnya. Oh iya, daging di sini enggak Cuma sapi doang lho, di beberapa daerah di Sulawesi Selatan ada juga yang bikin Coto menggunakan daging kuda! Coto dimakan dengan ketupat atau burasa, dan biasanya dijadikan untuk sarapan atau makan siang. By the way, porsi semangkuk Coto enggak bisa dibilang besar, jadi kalau kamu tipikal makan banyak, ada baiknya pesan dua porsi langung.

SOP SODARA

Sop Sodara

Makanan khas Makassar yang satu ini bisa dibilang mirip sama Coto Makassar. Sop Sodara juga isinya daging sapi dan berbagai jeroan, bedanya ada beberapa bahan khas yang jadi pelengkap, yaitu bihun dan perkedel kentang. Sop Sodara juga identik dimakan dengan nasi, enggak kayak Coto yang dengan burasa. Makanan ini terkenal sering menjadi cemilan di malam hari, soalnya warung Sop Sodara di Makassar biasanya buka 24 jam! Jadi kalau kamu lagi di Makassar terus kelaperan tengah malem, bisa nih dicoba makan Sop Sodara.

KAPURUNG
Kapurung

Kapurung lebih tepat dibilang makanan khas dari Luwu ketimbang Makassar, tapi masih gampang dicari kok di Makassar.. Makanan ini berbahan dasar sagu dan dimasak dengan campuran ikan atau daging dan berbagai sayuran. Sebetulnya untuk pilihan sayur biasanya terserah dari orang yang masaknya, ada yang pakai bayam, ada yang pakai daun singkong, dan lain-lain tergantung selera masing-masing. Kapurung wajib hukumnya dimakan pas masih panas, soalnya kalau sudah dingin, sagunya akan jadi kenyal dan alot sehingga kurang pas saat dinikmati.

BARONGKO

Barongko

Nah, kalau tadi makanan berat dan berkuah, sekarang kita ganti ke salah satu makanan penutup khas Makassar, Barongko! Barongko dulu disajikan sebagai hidangan penutup untuk para raja Bugis. Kue ini berbahan dasar pisang yang dihaluskan dan dicampur dengan telur, santan, gula, garam. Campuran adonan itu kemudian dibungkus menggunakan daun pisang terus dikukus. Nah, abis dikukus, jangan langsung dimakan! Soalnya Barongko paling enak kalau dimakan dingin, jadi biarkan dulu si Barongko ini di dalam kulkas.

ES PISANG IJO

Es Pisang Ijo

Siapa yang enggak kenal makanan yang satu ini? Es Pisang Ijo pernah jadi makanan yang paling hits di berbagai belahan Indonesia beberapa tahun lalu, termasuk di Jakarta dan Bandung. Es Pisang Ijo dibuat menggunakan potongan Pisang Raja yang dibungkus dengan kulit tebal terbuat dari tepus beras yang dicampur dengan sari pandan biar berwarna hijau. Pisang tersebut kemudian dilengkapi dengan saus santan dan sirup, ada juga yang suka menambahkan es batu atau es serut.

Sumber: https://kitaina.id/lima-makanan-khas-makassar-yang-wajib-dicoba/

Penulis: Harith Jobs

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini