6 Kiat Menjadi Sukses di Usia Muda Ala BJ Habibie

6 Kiat Menjadi Sukses di Usia Muda Ala BJ Habibie
info gambar utama

Siapa yang tidak mau sukses di usia muda? Ya semua orang pasti menginginkannya. Karena pada umumnya setiap individu individu ingin menjadi sukses. Sukses adalah bagian dari 1 % dari usaha, 99%? Adalah kegagalan. Wajar jika anda gagal wajar jika anda tidak dianggap. Namun bukan itu semua kunci kesuksesan. Ketekunan kesabaran dan belajar dari kesalahan lah yang membuat kita bisa menjadi orang sukses.

Bill gates juga pernah mengatakan “if you’re in the right place at the right time and had a vision of where technology will go but take no action, you will never be successful”. Inti dari perkataan bill gates tersebut adalah jika kalian melihat ada peluang maka lakukan lah. Karena jika kalian tidak bertindak maka anda tidak akan pernah berhasil.

BJ Habibi juga memberikan sedikit tips untuk mencapai kesuksesan. Beberapa cara sukses ala habibi.

  1. Keberhasilan bukanlah milik orang yang pintar, tapi milik mereka yang senang berusaha

Dalam video wawancara yang dilakukan dengan Samsung Eyang Habibie pernah berkata kalau, “Percuma Anda memiliki IQ tinggi tapi pemalas. Yang penting adalah Anda sehat dan mau berkorban meraih apa yang diinginkan”. Kalimat Eyang ini mengajarkan pada kita bahwa kecerdasan intelektual bukanlah satu-satunya faktor penentu kesukesan.

Ada faktor lain yang lebih penting yakni kerja keras. Sepintar dan secerdas apapun seseorang kalau dia tidak memiliki totalitas dalam mengejar mimpinya maka itu semua akan percuma. Jadi bagi anak muda yang sedang gencar mewujudkan cita-cita bekerjalah secara sungguh-sungguh. Karena meskipun kamu pintar tapi kalau tak mau kerja keras maka kesuksesan pasti akan menjauh.

  1. Jangan pernah berhenti apa yang engkau impikan, meskipun hal yang kita inginkan masih jauh di depan mata

Apakah kamu pernah menyaksikan film Habibie Ainun? Jika ya, pasti kamu telah menyaksikan bagaimana perjuangan BJ Habibie dalam meraih kesuksesannya. Di film tersebut diceritakan bagaimana sulitnya kehidupan Eyang Habibie yang terbatas. Selain itu Eyang Habibie juga pernah merasakan tidak enaknya diremehkan oleh sesama pekerja di sana. Beberapa kali idenya ditolak dan dianggap tak meyakinkan.

Namun semua hal menyakitkan itu tak membuat Eyang menyerah. Sebaliknya ia terus berusaha hingga akhirnya apa yang beliau impikan dapat terwujud. Dari kisah beliau adalah satu pelajaran yang bisa kita ambil yakni, “Jangan pernah menyerah”. Ketika apa yang diinginkan belum tercapai, kamu tak boleh berhenti. Bahkan jika perlu kamu harus menambah “mesin semangat” untuk tetap bisa bergerak meraih apa yang kamu yakini.

  1. Jadilah pribadi yang selalu siap dalam menjalani tantangan yang ada didepanmu

Walaupun sudah berusia 80 tahun Eyang Habibie tidak pernah kehilangan semangat untuk menjalani hidup. Selain masih aktif bekerja, beliau juga disibukkan dengan beragam kegiatan mulai dari menulis buku hingga menjadi pembicara di berbagai acara. Bagi mantan Presiden Indonesia ketiga ini, selama belum menutup mata ia akan “menantang” dirinya untuk terus berkarya. Spirit hidup ala Eyang yang selalu siap itulah yang wajib kamu tiru. Sebagai anak muda kamu juga harus selalu siaga menghadapi tantangan dalam hidup kapan dan di mana saja.

  1. Kegagalan adalah hal yang biasa disaat kita menuju kesuksesan. Dan hal itu butuh pengorbanan

Pelajaran hidup yang penting diketahui oleh anak muda dari Eyang Habibie adalah meraih kesuksesan itu bukanlah perkara mudah. Bahkan kamu bisa jadi harus merasakan jatuh berkali-kali demi meraih apa kamu inginkan. Filosofi meraih kesuksesan ini juga selaras dengan pendapat Soichiro Honda yang mengatakan “Orang melihat kesuksesan saya hanya satu persen. Tapi mereka tidak melihat 99% kegagalan saya” yang secara tersirat berarti untuk meraih keberhasilan kamu harus bersusah payah terlebih dahulu.

  1. Menjadi orang yang konsisten merupakan salah satu faktor untuk menuju kesuksesan

Tidak hanya kemauan untuk bekerja keras, formula lainnya yang juga tak kalah penting untuk diterapkan adalah konsistensi ketika menekuni sebuah bidang. Eyang Habibie mengatakan ketika ia memutuskan untuk menjadi insinyur penerbangan, ia fokus di ranah tersebut. Sekalipun dihadapkan dengan berbagai tantangan ia tidak lantas keluar dan putar arah.

Sebaliknya beliau justru menekuni bidang tersebut hingga sekarang berhasil menjadi salah satu ahli penerbangan terbaik di Indonesia bahkan dunia. Dari pengalaman Eyang Habibie itu kita mendapat pelajaran kalau untuk menjadi orang yang ahli dibutuhkan konsisten mempelajari satu hal secara mendalam. Jika kamu misalnya sudah memutuskan untuk menjadi penulis teruslah asah bakatmu tersebut hingga menjadi penulis profesional. Jangan mudah patah semangat ketika orang tidak menyukai karyamu. Buat tulisan lebih banyak lagi hingga suatu saat tulisanmu disukai.

  1. Memiliki tekad yang kuat untuk menjadi pribadi yang berguna bagi lingkungan sekitar

Terakhir menurut Eyang Habibie yang tak boleh dilupakan adalah tetap jadi pribadi yang berusaha memanfaatkan kesuksesanmu untuk membantu sesama. Segala yang kamu cita-citakan hendaknya harus berguna bagi orang lain. Jangan sampai kamu hanya fokus mengejar keberhasilan tapi tidak mementingkan kepentingan bersama.

Semoga pesan dari Eyang Habibie bisa menjadi bekalmu untuk menggapai apa yang kamu inginkan ya. Masih penasaran dengan kiat-kiat sukses di karir dan cinta ala Eyang Habibie? IDN Times bersama Catatan Najwa memberi kesempatan bagi millennials dan Gen Z Indonesia buat bertanya soal apapun ke Eyang Habibie. Ya, APAPUN! Boleh tanya soal resep langgeng menjalin hubungan, cara mendesain pesawat, bahkan soal politik. Mbak Najwa dan Eyang Habibie akan menjawab pertanyaan-pertanyaan paling unik dari kamu.


Sumber:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini