Jokowi : "Jadilah Ibu Bangsa, Wahai Perempuan Indonesia"

Jokowi : "Jadilah Ibu Bangsa, Wahai Perempuan Indonesia"
info gambar utama

Presiden Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi kaum perempuan yang telah berjuang untuk Bangsa Indonesia di dalam peringatan Hari Ibu Nasional ke-89 di Pantai Waisai Torang Cinta Raja Ampat, Papua Barat.

Dalam acara tersebut Presiden Jokowi juga turut mengundang para menteri perempuan Kabinet Kerja untuk membaca puisi.

Seperti dilansir dari lamanidntimes.com "Saya mengundang ke sini tadi kepada Ibu-Ibu Menteri untuk membacakan puisi yang berjudul Pesan Ibu Bangsa. Saya persilakan," kata Presiden saat pidato peringatan Hari Ibu Nasional 2017 bertema Perempuan Berdaya Indonesia Jaya, Jumat (22/12)

"Jadilah ibu yang memperkokoh karakter, memperhalus budi, dan mengajarkan tradisi luhur, demi kebangkitan bangsa

Jadilah ibu yang menjalin silaturahim, menjaga kehormatan dan menjunjung kemanusiaan demi martabat bangsa

Jadilah ibu yang jujur dan cermat dalam berhitung, cerdas mengelola, anti korupsi, demi kemakmuran bangsa

Jadilah ibu yang peka dan berempati, selalu mengulurkan tangan untuk memberi pertolongan demi kesejahteraan bangsa

Jadilah ibu yang tegas, berani menegur bila ada yang salah, jika perlu, tenggelamkan! Demi keutuhan bangsa

Jadilah ibu yang tidak segan bekerja, menggali potensi diri, membantu peningkatan pendapatan, demi kemajuan bangsa

Jadilah Ibu Bangsa, wahai perempuan Indonesia".

Puisi berjudul Pesan Ibu Bangsa itu dibacakan secara bergantian oleh para menteri perempuan yang hadir. Mulai dari Puan, Retno, Nila, hingga Siti Nurbaya. Sedangkan, menteri yang tidak hadir diwakilkan warga setempat.

Pada bait terakhir di tutup oleh Presiden Jokowi yang dengan percaya diri dan mantap berkata "Jadilah Ibu Bangsa, wahai perempuan Indonesia" kata Jokowi.

Jokowi Peringati Hari Ibu di Papua | Foto : tribunnews.com
info gambar

Dalam peringatan Hari Ibu Nasional itu, Jokowi turut memberikan tiga pernyataan

1. Indonesia dengan jumlah menteri perempuan terbanyak

Jokowi tidak menutup kemungkinan akan menambah menteri perempuan di Kabinet Kerja. Presiden juga menyatakan Kabinet Kerja telah memberikan porsi besar kepada perempuan dengan menempatkan sembilan menteri wanita.

Jumlah Kabinet Kerja untuk saat ini ada sembilan menteri perempuan dan Indonesia menjadi salah satu negara di dunia dengan menteri perempuan terbanyak.

2. Perempuan turut berjuang dalam Kemerdekaan Indonesia

Jokowi mengatakan perayaan Hari Ibu di Indonesia sangat istimewa, karena perayaan penting bagi perempuan, negara dan Bangsa Indonesia.

Menurutnya perempuan Indonesia turut bekerja dalam kemerdekaan Indonesia. Perempuan Indonesia harus semakin berdaya. Jokowi menyambut baik tema Hari Ibu , Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya.

3. Presiden mengapresiasi Kinerja Menteri Perempuan

Presiden mengapresiasi keberhasilan di bidang pembangunan manusia dan budaya pada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, keberhasilan di bidang diplomasi pada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Lalu di bidang keuangan Sri Mulyani, lalu di bidang kelautan dan perikanan menterinya, serem ini, yaitu Ibu Susi Pudjiastuti," Jokowi berkelakar.

Jokowi juga mengapresiasi keberhasilan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menekan dan mengurangi kebakaran hutan di Indoensia. Di bidang BUMN Jokowi mengapresiasi keberhasilan Menteri Rini Soemarno, dan bidang kesehatan Nila F Moeloek, serta bidang sosial Khofifah Indar Parawansa.


Sumber: idntimes.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini