Selamat! Indonesia Terpilih sebagai Ketua Komite ASEAN-Canberra

Selamat! Indonesia Terpilih sebagai Ketua Komite ASEAN-Canberra
info gambar utama

Indonesia dikukuhkan menjadi Ketua Komite ASEAN-Canbera (ACC) periode Januari-Juni 2018 pada pertemuan tingkat duta besar negara anggota ASEAN di Canbera, Australia.

"Keketuaan Indonesia pada ACC mencerminkan kepercayaan perwakilan negara anggota ASEAN di Australia terhadap kepemimpinan Indonesia," kata Duta Besar Luar Republik Indonesia untuk Australia merangkap Vanuatu, Kristiarto S. Legowo dalam keterangan tertulisnya yang diterima Antara.

Duta Besar Indonesia untuk Australia, Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo Kristiarto. Foto: KBRI Canberra
info gambar

Kristiarto S. Legowo juga menyatakan kepercayaan tersebut juga penting utamanya dalam dalam menjalankan sejumlah program penting, salah satunya ASEAN-Australia Special Summit (AASS) yang akan diadakan di Sydney pada Maret 2018.

Seperti yang dilaporkan olehLiputan6, AASS akan dihadiri oleh seluruh kepala negara/pemerintahan dari negara anggota ASEAN, bersama dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull.

Dubes Kristiarto juga menekankan bahwa keketuaan Indonesia tidak hanya akan dititikberatkan pada hubungan politik, namun juga lebih untuk menggalang kerja sama ekonomi serta memperkuat hubungan antarmasyarakat.

ASEAN. Foto: Hafidz Mubarak A./Antara Foto
info gambar

Indonesia akan mengoordinasikan partisipasi perwakilan negara anggota ASEAN pada sejumlah kegiatan internasional di Australia seperti "National Multicultural Festival" 2018 ataupun "Canberra Run 2018", yang akan semakin meningkatkan citra serta profil ASEAN kepada masyarakat umum di Australia.

Sementara itu, kerja sama dalam bidang ekonomi tercermin dari penyelenggaraan "Business Summit dan SME Conference" yang di antaranya bertujuan untuk memperkuat networking kalangan bisnis negara anggota ASEAN.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini