Indonesia Bukan Negara Intoleransi

Indonesia Bukan Negara Intoleransi
info gambar utama

Indonesia adalah negara yang sangat bhineka. Memiliki berbagai bahasa dan suku budaya, sekaligus agama. Pada 25 Desember yang lalu umat Kristiani di seluruh dunia termasuk di Indonesia merayakan natal. Berbagai acara dan perayaan natal di gelar dan berlangsung dengan damai dan aman. Masyarakat telah berhasil menepis kabar bahwa Indonesia adalah negara intoleransi. Buktinya saja perayaan natal banyak berlangsung di seluruh daerah di Indonesia dengan aman, tentram tanpa gangguan. Pemerintah telah mengintrusikan 180.000 Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu ada serangan teror. Jumlah TNI yang bertugas pada natal kali ini lebih besar dari tahun kemarin yang hanya 150.000 personil.

Sementara itu di Banjarmasin yang mayoritas penduduknya adalah umat muslim, perayaan natal di sejumlah Gereja berlangsung aman dan tentram. Selain dijaga oleh TNI, Polri setempat, ternyata organisasi kepemudaan di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) seperti Banser dan GP Ansor juga ikut membantu menjaga kemananan selama ibadah berlangsung.

Di daerah lain, seperti Lamongan, Jawa Timur, toleransi umat beragama sangat kenta dipraktikan. Puluhan pemuda yang berlatar belakang baragama Kristen, Islam dan Hindu turut membantu menjaga Gereja pada saat berlangsungnya ibadah dan perayaan natal. Selain itu juga ribuan anggota Banser dikerahkan untuk pengamanan Natal. Sebanyak tak kurang dari 100 Banser dikerahkan di setiap Kabupaten di Jawa Timur. Banyaknya personil yang berjaga tergantung dari permintaan pihak gereja dan Polres.

Di Ibukota perayaan natal di Gereja Katredal Santa Maria juga berlangsung secara hikmat dan aman. Gubernur DKI Jakarta dan wakil Anies Baswedan dan Sandiaga Uno bahkan datang dan memberikan sambutan.

“Setiap memperingati Hari Natal, yang menarik adalah soal pesan kesederhanaan dan keteduhannya.” Ujar Anies pada Minggu (24/12)

Sumber : Liputan6.com, Kompas.com, Tribun.com, Faktualnews.co, Jejakrekam.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini