Kerjasama Kementerian Perindustrian dan Ruang Guru : Belva Optimis Berhasil

Kerjasama Kementerian Perindustrian dan Ruang Guru : Belva Optimis Berhasil
info gambar utama

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto baru saja menandatangani nota kesepahaman dengan Adamas Belva Syah Bevara yang merupakan Chief Executive Officer (CEO) PT. Ruang Raya Indonesia yang dilaksanakan di Gedung Kementrian Perindustrian, Kamis (28/12).

Untuk meningkatkan kinerja para pekerja sektor industri, Kementrian Perindustrian menjalin kerja sama dengan Ruang Guru sebagai platform media e-smart IMK. Ruang Guru adalah sebuah platformdigital dan multimedia yang didirikan pada tahun 2014 silam. Ruang Guru memberikan layanan dan konten pendidikan yang dapat diakses melalui aplikasi berbasis android dan iOS. Ruang Guru sudah memiliki 6.000.000 murid di seluruh Indonesia dan dilengkapi dengan 150.000 guru di seluruh Indonesia. Ruang Guru juga sudah banyak melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah untuk mentransformasi pendidikan di daerah. Tujuan didirikannya Ruang Guru adalah untuk memeratakan sistem pendidikan yang ada di Indonesia, bagaimana murid-murid di pelosok negeri juga dapat merasakan sistem pendidikan yang sama.

“Murid-murid bisa belajar melalui aplikasi. Jika ada murid yang berada di kabupaten kecil yang jauh dari kota, murid tersebut tetap dapat mendapatkan standar pendidikan yang baik, asalkan murid tersebut memiliki smartphone dan juga akses internet.” Jelas Belva.

Kali ini Kementrian Perindustrian akan bekerjasama dengan Ruang Guru untuk meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat (SDM) dalam hal ini adalah pelaku IMK. Ruang Guru dijadikan platform untuk membuat vidio-vidio pelatihan yang akan dikonsumsi oleh pembina IKM, pelaku IKM, bahkan pekerja IKM. Dengan aplikasi Ruang Guru, Kementrian Perindustrian berharap bahwa semua lapisan IKM dapat terjangkau.

Seperti yang kita ketahui bahwa mengelola sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah dan diperlukan pengetahuan yang cukup seputar pemasaran, periklanan, ide yang menarik, pembukuan akutansi yang baik dan benar, serta rencana kedepan yang matang agar bisnis yang sedang digeluti bisa dapat terus bertahan. Maka dari itu pelaku IMK di Indonesia harus diberikan modal untuk menjalani usahanya. Lewat aplikasi Ruang Guru, para pelaku IMK dapat belajar dengan berbasis video dan latihan soal.

“Banyak industri kecil di Indonesia yang belum memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup untuk memasarkan sebuah produk. Padahal produk yang mereka jual adalah produk yang bagus dan mampu bersaing di pasar.” Ujar Belva pada saat memberikan kata sambutan.

Belva juga berharap bahwa pelaku IKM yang berada di pelosok daerah dapat belajar melalui aplikasi Ruang Guru. Lebih dari itu Belva juga sangat optimis program ini akan berhasil, karena caranya yang mudah dan sangat menghemat waktu dan juga biaya.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini