5 Hal Yang harus kalian Ketahui Tentang Susu Kuda

5 Hal Yang harus kalian Ketahui Tentang Susu Kuda

nmr 1 free wallpapers.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Pernahkah anda mendengar bahwa susu Kuda liar bisa di minum? Ya hal ini sudah menjadi hal biasa bagi masyarakat Sumbawa dan beberapa daerah di Timur Indonesia. Bahkan di Kota Sumbawa sendiri susu Kuda Liar menjadi Oleh oleh dari tanah tersebut. Popularitas Susu Kuda ini menjadi daya tarik yang berbeda jika kita ke Sumbawa.

Kebanyakan orang lebih memilih untuk minum susu sapi atau versi vegetariannya, seperti susu almond atau susu kacang, ketimbang harus minum susu kuda liar.

Walaupun di Indonesia sendiri Susu Kuda masih kurang populer, namun tahukah anda masyarakat di seluruh dunia sudah mengkonsumsi Susu Kuda dari ribuan tahun yang lalu. Bahkan di abad ke 19 susu Kuda mulai dikonsumsi untuk menggantikan susu sapi. Namun taukah anda akan manfaat apa saja yang ada di susu sapi? Apakah lebih baik dari susu sapi atau tidak baikuntuk kesehatan? Ini dia 5 hal yang perlu kalian tahu tentang susu Kuda

  1. Kandungan Gizi yang tinggi menyerupai ASI

Susu kuda liar adalah susu hewan yang memiliki nilai gizi paling mirip dengan ASI manusia. ASI diketahui mengandung sederet vitamin dan mineral penting bagi tubuh bayi, mulai dari protein (whey dan kasein), asam lemak (omega-3 dan omega-6), karnitin, vitamin (A, C, D, E, dan K; serta riboflavin, niasin, dan asam panthothenic ), hingga karbohidrat.

Pada zaman dahulu., rumah sakit bersalin di perancis menggunakan susu kuda sebagai pengganti ASI. Karena mereka menyadari bahwa susu Kuda memiliki nilai gizi hampir sama dengan ASI. Kebanyakan bayi yang lahir prematur akan di berikan susu kuda karena meningkatkan kekuatan dan kekebalan untuk bayi tersebut. Namun, penggunaan susu kuda sebagai pengganti ASI ini berkurang setelah perang dunia kedua selesai.

  1. Sangat cocok bagi orang-orang yang alergi susu sapi atau intoleransi laktosa

Susu kuda liar mengandung protein kasein yang lebih sedikit dibanding dengan susu sapi. Kandungan kasein yang lebih sedikit ini membuat susu kuda liar mudah dicerna dibanding dengan susu sapi. Inilah yang menjadi alasan kenapa susu kuda liar bisa dikonsumsi untuk anak-anak dan orang dewasa yang kesulitan mencerna susu sapi (intoleransi laktosa) maupun yang alergi susu sapi.

Kualitas protein susu kuda liar juga lebih baik dibandingkan dengan susu sapi karena susu kuda liar memiliki jenis asam amino yang lebih lengkap dibandingkan susu sapi.

  1. Baik untuk kesehatan dan melancarkan Pencernaan

Susu kuda liar telah lama dipercaya sebagai obat alami untuk membantu menyembuhkan beragam masalah pencernaan akibat bakteri jahat di usus, seperti diare dan infeksi usus. Hal ini dikarenakan susu kuda liar memiliki kandungan lysozyme dan lactoferrin yang bisa membatasi dan menahan pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan di usus.

Perlu anda ketahui, lysozyme adalah enzim yang bertindak sebagai agen antimikroba. Sedangkan laktoferrin adalah zat yang memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan antiperadangan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Nah, kandungan tersebutlah yang membuat susu kuda liar bisa bertindak sebagai probiotik karena dapat mempromosikan pertumbuhan bakteri baik, seperti lactobacillus dan lactobacillus salivarius.

  1. Perawatan Kecantikan

Para wanita mungkin sangat menyukai ketika mendengar susu kuda bisa dijadikan bahan olahan perawatan kecantikan. karena salah satu manfaat susu kuda adalah untuk merawat kulit. Hal ini dikarenakan susu kuda liar memiliki khasiat sebagai pelembap alami yang bisa membantu meregenerasi kulit dan memperlambat penuaan dini karena kandung kandungan laktoferrin di dalamnya.

Para wanita mungkin sangat menyukai ketika mendengar susu kuda bisa dijadikan bahan olahan perawatan kecantikan. karena salah satu manfaat susu kuda adalah untuk merawat kulit.

Tidak hanya itu, susu kuda juga bermanfaat untuk merawat dan mencegah kulit berjerawat karena komponen anti bakteri yang terkandung di dalamnya. Beberapa penelitian juga mengungkapkan jika kuda liar mampu membantu penyembuhan beberapa masalah kulit seperti eczema, psoriasis, atau neurodermatitis.

  1. Rendah kalori

Diketahui dalam tiap 100 gram susu kuda liar menghasilkan 44 kalori yang lebih sedikit ketimbang susu sapi yang sebesar 64 kalori. Hal ini membuat orang yang sering minum susu kuda tidak cepat gemuk. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh tunggal yang dikandungnya berkontribusi untuk mengurangi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh sehingga baik untuk mengontrol kadar kolesterol.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga22%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang11%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi33%
Pilih TerpukauTerpukau33%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Mekarnya Rafflesia Terbesar di Tanah Minangkabau Sebelummnya

Mekarnya Rafflesia Terbesar di Tanah Minangkabau

Sejarah Hari Ini (4 Agustus 1956) - Uji Coba Bus Ikarus, Transportasi Baru Jakarta Asal Hungaria Selanjutnya

Sejarah Hari Ini (4 Agustus 1956) - Uji Coba Bus Ikarus, Transportasi Baru Jakarta Asal Hungaria

egy herdian
@egyherdian

egy herdian

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.