Berpetualang Sambil Belajar Sejarah di Candi Gedong Songo

Berpetualang Sambil Belajar Sejarah di Candi Gedong Songo
info gambar utama

Jika kamu adalah seseorang yang penuh dengan jiwa petualang dan suka sejarah, maka kamu harus berkunjung ke Candi Gedong Songo yang berada di Dusun Darung, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Candi yang berada di 1200 meter di atas permukaan laut ini akan memanjakan matamu dengan pemandangan yang indah. Karena letaknya yang berada di dataran tinggi, kamu dapat melihat pemandangan Kota Semarang dengan sangat jelas dari sini. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 6000 rupiah untuk bisa berpetualang di dalam kompleks Candi Gedong Songo dan pasti kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam hijau dan semilir angin serta udara yang sejuk.

Karena letaknya yang berada di lereng Gunung Ungaran, maka kamu harus menempuh jarak sekitar 12 Kilometer dari Kota Ungaran. Namun, tak usah khawatir merasa bosan di perjalanan, Karena sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan oleh pemandangan Gunung Ungaran yang tak kalah cantik.

Candi yang termasuk salah satu peninggalan budaya Hindu dari zaman Syeilendra pada abad X (tahun 927 Masehi) merupakan satu kompleks candi yang besar memiliki Sembilan Candi di dalamnya. Jika kamu ingin mengunjungi kesembilan kompleks candinya kamu harus berjalan kaki selama kurang lebih satu setengah jam untuk bisa sampai ke candi ke kompleks candi yang ke sembilan yaitu kompleks candi yang paling akhir.

Pada kompleks candi yang pertama kamu akan mendapatkan bilik candi berbentuk bujur sangkar dan ditengahnya terdapat Dewa Siwa (Dewa yang mengembalikan manusia dan makhluk hidup lainnya ke unsurnya). Pada komplek candi yang kedua kamu akan melihat disisi luar candi yang diselimuti oleh relung-relung berbentuk kurung kurawal yang dihiasi kalamaraka (satu bentuk wajah raksasa dan diapit oleh relief wanita cantik) dan bunga-bungaan. Atap candi ini bertingkat dan memiliki menara-menara sudut. Nah, untuk mencapai kompleks candi yang ketiga kamu harus berjalan kaki sekitar sepuluh menit dari candi yang kedua karena letaknya yang lebih tinggi. Semua relung kompleks candi yang ketiga masih ada arcanya. Relung dinding candi sisi utara berisi tiga arca Dhurga Mahisasuramardhini (ibu dari Dewa Ganesa ,Dewa Kumara (Kartikeya) Ashokasundari dan Dewa Kala), relung selatan berisi arca Agastya dan relung timur berisi arca Ganesa. Candi yang keempat memiliki relung-relung di pintu masuk yang merupakan yang merupakan tempat arca Mahakal dan Nandiswara. Pada kompleks candi yang kelima sayangnya hanya tinggal satu bangunan saja.

Selain berisikan candi-candi yang sangat bersejarah, kompleks Candi Gedong Songo juga memiliki mata air yang mengandung belerang.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo berwisata ke Candi Gedong Songo.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini