Segera Beroperasi! "Suroboyo Bus" akan menjadi Transportasi Massal baru di Surabaya!

Segera Beroperasi! "Suroboyo Bus" akan menjadi Transportasi Massal baru di Surabaya!
info gambar utama

Kota Surabaya akan memiliki transportasi massal baru yang akan segera dioperasikan di tahun 2018. Suroboyo Bus, transportasi baru ini akan sebagai pelengkap angkutan trem. Sebelum diluncurkan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terlebih dahulu menjajal langsung kecanggian dan kenyamanan bus seharga Rp 2,4 Miliar itu.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah(OPD), Bu Risma langsung mencoba Suroboyo Bus dari halaman Taman Surya Pemkot Surabaya, Jumat (29/12/2017) menuju Jembatan Suroboyo. Risma juga mengatakan bahwa bus baru ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas lengkap, akan melayani rute Terminal Purabaya (Nungurasih)-Joyoboyo-Tunjungan Plaza-Siola PP.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Dengan fasilitas lengkap tersebut, diharapkan akan membuat penumpang merasa nyaman saat mengunakan transportasi ini.

"Desain bus ini memiliki kelebihan, khususnya di bagian dalamnya memiliki fasilitas LED untuk informasi, full AC, serta tempat duduk yang terpisah khusus wanita, pria dan juga tempat duduk untuk ibu hamil dan difabel," kata Risma saat perjalanan menguji coba bus, dikutip dari Detik.com

"Bus ini juga terkoneksi langsung dengan Surabaya Intelejen Transportasi System (SiTS) langsung, jika bus mendekati traffic light, maka lampu hijau akan menyala jadi angkutan ini bebas hambatan," tambahnya.
Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Tak hanya itu, Suroboyo Bus ini juga dilengkapi dengan camera CCTV di 12 titik yang bisa memantau langsung gerak gerik penumpang saat di perjalanan.

Risma juga menambahkan bus yang memiliki panjang 12 meter dan lebar 2,4 meter ini, mampu menampung 67 penumpang. "Jika berhenti di halte, bus ini bisa dinaik turunkan agar memudahkan ibu hamil dan difabel bisa naik ke bus dengan suspensi yang dinaik turunkan," ungkapnya.

Suspensi terendah dalam bus suroboyo ini berjarak 25 centimeter dari aspal jalan, sedangkan untuk suspensi saat jalan bisa dinaikkan menjadi 32 centimeter agar tidak mengenai speed trap.

Tambahan, Bus ini juga memiliki teknologi panic button yang mana ketika ada kebakaran. Sekali ditekan, secara otomatis pintu akan terbuka, aki serta mesin secara otomatis akan mati.

Untuk kenyamanan penumpang, pintu bus akan terbuka secara otomatis. Jika tangan atau kaki penumpang mengenai sensor pintu akan terbuka secara otomatis agar tidak terjepit, dan jika pintu belum tertutup maka bus ini tidak akan berangkat.

Sumber: Detik.com & Suara Surabaya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini