Kalimantan Timur Akan Swasembada Beras Tahun Ini

Kalimantan Timur Akan Swasembada Beras Tahun Ini
info gambar utama

Sejak tahun lalu Kementrian Pertanian telah menargetkan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) untuk melakukan swasembada beras pada tahun 2018 ini. Kementrian Pertanian dan Pemerintah Provinsi pun memberikan dukungan penuh agar hal ini dapat terwujud, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman juga akan menyiapkan bibit unggul demi mewujudkan komitmen ini.

Hal ini dikarenakan adanya lahan pertanian sebesar 20 hektar yang dibiarkan kosong di Kaltim, padahal hal ini merupakan salah satu potensi yang sangat besar untuk merealisasikan swasembada beras di Kaltim. Disamping itu, Kaltim juga harus menambah indeks tanam yang biasanya hanya sekali dalam setahun menjadi dua sampai tiga kali dalam setahun.

“Saat ini, memang petani baru menanam sekali setahun. Jika mereka bisa menanam konsisten dua sampai tiga kali setahun dengan ketersediaan air yang memadai, maka bisa kita pastikan swasembada beras akan terwujud bahkan Kaltim akan memberikan kontribusi untuk swasembada beras nasional,” Kata Gubernur Kaltim Awang Faroek

Tak hanya itu, Awang juga akan terus melengkapi infrastruktur pertanian yang ada di Kaltim, contohnya, pembuatan irigasi dan pemberian bantuan pompanisasi, bantuan hand tracktor serta peralatan pertanian lainnya. Termasuk bantuan bibit unggul serta pupuk. Awang optimis Kaltim dapat mencapat target produksi, yaitu 608.000 ton.

Awang juga mengatakan bahwa lahan pertanian harus terus bertambah, bukan berkurang. Karena banyaknya lahan pertanian yang di konversi atau beralih fungsi menjadi lahan batubara dan sektor usaha lainnya.

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Hortikultura Kaltim Ibrahim menjelaskan bahwa luas lahanan yang dipanen kemarin seluas 14.000 hektar dan ia yakin pembangunan Bendung Regulator Telake akan sangat membantu pengairan di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Paser.


Sumber: Humas Provinsi Kalimantan Timur. Finance.detik.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini